Keren, Selandia Baru Suguhkan Wisata Bagi Pemobil dan Pemotor!

RR Ukirsari Manggalani
Keren, Selandia Baru Suguhkan Wisata Bagi Pemobil dan Pemotor!
Pesiar ke Milford Sound, Selandia Baru dengan campervan [Shutterstock].

Inilah lokasi wisata Selandia Baru yang dijamin paten bagi penyuka mobil dan motor.

Suara.com - Berwisata bebas ribet bisa dilakukan dengan bergabung bersama peminat lainnya serta menggunakan moda transportasi bersama-sama. Namun yang disebut sebagai "anak mobil" dan "anak motor", menekan pedal gas sendiri adalah hal penting. Sehingga tamasya atau pelesiran ke tempat-tempat keren, akan menjadi semakin sah rasanya, bila berkesempatan mengaspal sendiri.

Wisata Selandia Baru [press release]
Campervan yang diajak singgah di sebuah pesisir di Selandia Baru [New Zeland Tourismboard].

Wisata minat khusus ini rupanya ditangkap oleh dinas pariwisata Selandia baru, sehingga mereka meluncurkan rekomendasi berdasar kecenderungan peminat. Dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (12/6/2019), Pariwisata Selandia Baru memberikan daftar tempat-tempat wisata di Negeri Kiwi berdasar jenis-jenis traveller atau wisatawan. Salah satunya dikemas khusus bagi tipe senang berkendara. Selain itu ada pula ditujukan bagi tipe penyuka sejarah, budaya, alam, dan seterusnya.

Bagi tipe senang berkendara, kunci menikmati perjalanan ini adalah alokasi waktu yang panjang serta fleksibel. Sehingga bisa keliling New Zealand atau Selandia Baru menggunakan mobil, campervan, atau motorhome.

Sebagai catatan, dari pengalaman Suara.com, untuk mengemudikan berbagai jenis kendaraan bermotor di sana dibutuhkan Surat Izin Mengemudi (SIM) atau driving license berskala internasional, dengan peruntukan sesuai. Yaitu untuk kendaraan roda dua, roda empat, sampai di atas roda empat.

Kemudian memilih tunggangan sesuai kebutuhan dan selera, yang bisa didapatkan di berbagai rental kendaraan bermotor, memahami dan mentaati peraturan lalu lintas (termasuk cara membunyikan klakson), serta menomorsatukan keselamatan pribadi, seperti pemakaian seatbelt atau sabuk pengaman pada tunggangan roda empat. Atau helm dan sarung tangan serta jaket untuk roda dua.

Untuk penjelajahan bermobil atau bermotor di Selandia Baru, Anda bisa memilih North Island atau South Island. Bisa juga keduanya bila alokasi waktu lebih dari cukup.

Di North Island tersaji perjalanan seru melintasi pemandangan Middle-Earth yang digunakan sebagai setting film "The Lord of The Rings". Nikmati rute dengan kontur jalan raya seru, diapit pemandangan sekeliling seindah tayangan layar lebarnya belasan tahun lalu.

Juga jangan lewatkan kesempatan untuk singgah di titik-titik panoramic view yang dibuat agar para biker serta pemobil bisa mengabadikan diri swafoto alias selfie dengan pemandangan dahsyat sebagai latar belakang. Selain itu, bisa pula menikmati kolam berisi air panas bumi, dan menjelajahi White Island, gunung berapi bawah laut yang masih aktif.

Sedangkan penjelajahan di Pulau Selatan, bisa melakukan perjalanan bermobil atau bermotor melintasi pesisir, menuju The Catlins yang antara lain menwarkan Cathedral Caves, Curio Bay, dan Waipapa Point. Disebutkan masih belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan, kawasan ini juga kaya berbagai hidupan liar, termasuk satwa laut. Selain itu, perjalanan bisa berlanjut ke lokasi romantis bentukan fjord dari gletser di Milford Sound.

Tak perlu gas pol, semuanya justru asyik dinikmati pelan-pelan, sesuai dengan aturan lalu lintas yang berlaku.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS