Buat Kategori SUV, Mobkas Model Ini Paling Diminati

RR Ukirsari Manggalani
Buat Kategori SUV, Mobkas Model Ini Paling Diminati
Honda HR-V, salah satu SUV andalan Honda [Suara.com/Kurniawan Mas'ud].

Di pasar mobil bekas atau mobkas, beberapa kategori meraih peminat paling banyak. Contohnya SUV.

Suara.com - Pasar mobil bekas atau mobkas senantiasa diramaikan oleh incaran-incaran favorit konsumen. Beberapa kategori disasar khusus, karena memiliki nilai lebih yang disyaratkan oleh mereka. Contohnya tahan medan berat, kapasitas angkut besar, sampai banjir fitur kekinian.

Sebuah mobil Toyota Fortuner di pameran otomotif tahun 2014 lalu. [Shutterstock]
Sebuah mobil Toyota Fortuner di pameran otomotif [Shutterstock]

Salah satu platform penyedia mobkas lewat layanan online, OLX, menyebutkan bahwa Sport Utility Vehicle (SUV) adalah salah satu kategori paling diminati.

SUV memiliki banyak peminat di OLX, karena menawarkan karakter tangguh dan moderen, serta dipasarkan dengan harga variatif meski dari tahun produksi sama.

Dalam keterangan yang dikirimkan kepada Suara.com, disebutkan bahwa calon pembeli OLX untuk kategori SUV paling banyak mencari Honda HRV tahun produksi 2015 dan 2016. Bahkan, sepanjang kuartal dua tahun ini tercatat lebih dari 40 ribu calon pembeli model ini di wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, serta Surabaya.

Di OLX sendiri, harga jual Honda HRV sebagai mobkas tergolong variatif. SUV satu ini dijual antara Rp 100 - 300 juta rupiah.

"Tipe, tahun produksi, dan wilayah penjualan sangat memengaruhi harga jual sebuah mobil bekas," papar Ivo Wassenaar, Head of Automotive Category OLX Indonesia.

Menurutnya, perbedaan harga jual juga dipengaruhi oleh pemakaian sebelumnya. Ini menjadi faktor yang membuat harga sebuah mobkas antara satu dan lainnya berbeda, meskipun model, tipe dan tahun produksinya sama.

Setelah Honda HRV, model dalam kategori SUV yang diinginkan para peselancar di situs OLX adalah Toyota Rush. Di sepanjang kuartal dua, untuk wilayah sama, terdapat lebih dari 24 ribu calon pembeli menaruh minatnya terhadap mobil ini. Sementara itu, posisi ketiga ditempati Toyota Fortuner, dengan peminat lebih dari 22 ribu calon pembeli, dan label harga berkisar Rp 250 - 300 juta rupiah.

Adanya pilihan harga yang tersedia di OLX itu sendiri, membuat calon pembeli lebih leluasa menentukan mobil pilihannya.

"OLX tidak hanya memberikan beragam pilihan merek, model, dan tipe mobil, namun tahun produksi dan harga. Adanya berbagai macam pilihan harga, calon pembeli bisa menyesuaikan budget yang dimiliki," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS