Hore, MINI Perkenalkan Mobil Listrik Perdananya, Cooper SE

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Hore, MINI Perkenalkan Mobil Listrik Perdananya, Cooper SE
Logo MINI Cooper [Suara.com/ukirsari].

MINI Cooper SE memiliki eksterior klasik dipadu semangat futuristik dari pemakaian bahan bakar listrik.

Suara.com - Setelah ditunggu-tunggu, MINI akhirnya resmi memperkenalkan mobil listrik pertamanya yang diberi nama MINI Cooper SE.

Penampakan MINI Cooper SE three-doors bertenaga listrik [screen shot YouTube: MINI].
Penampakan MINI Cooper SE three-doors bertenaga listrik [screen shot YouTube: MINI].

Sebagai mobil listrik pertama, seperti dikutip dari Paultan, produsen mobil asal Britania Raya ini tetap mempertahankan ciri khas tunggangan MINI yang selama ini beredar di pasaran. Yaitu desain lampu masih berbentuk bulat, motif Union Jack, bendera penyatu Britania Raya, serta menggunakan hanya tiga pintu.

Haluan atau bagian depan, dengan gril depan serta velg moden mencitrakan tunggangan ramah lingkungan. Bodi pada tampilan video MINI diperlihatkan nuansa silver yang futuristik. Senada untuk urusan interior, kabin MINI Cooper SE kental akan napas tunggangan masa depan.

Bagian kemudi terlihat dilengkapi berbagai tombol, instrumen panel TFT, dan head-unit bulat khas di sisi tengah dashboard.

Terkait tenaga, mobil ini dibekali motor listrik yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 daya dan torsi 270 Nm. Dengan pasokan daya itu, MINI Cooper SE mampu berakselerasi antara 0 - 100 km per jam dalam kecepatan 7,3 detik sebelum mencapai kecepatan maksimum hingga menjejak angka 150 km per jam.

Selain motor listrik, Mini Cooper SE juga menggunakan baterai lithium-ion yang terdiri dari 12 modul dan terletak di bawah lantai mobil. Jarak jelajahnya mencapai 235 - 270 km. dan kapasitasnya mencapai 32,6 kWh.

Proses recharging MINI Cooper SE [screen shot YouTube: MINI].
Proses recharging MINI Cooper SE [screen shot YouTube: MINI].

Dalam sekali pengisian, baterai membutuhkan waktu 3,5 jam. Sedangkan bila menggunakan fasilitas quick-charge hanya membutuhkan 35 menit untuk mengisi hingga 80 persen.

Hadir dalam empat warna bodi, yaitu Mid, Green, Green, dan Sport, sampai sejauh ini perusahaan yang berada di bawah naungan BMW Group tadi belum mengungkap harga dari Mini Cooper SE.

Nah kabar baiknya, tunggangan ramah lingkungan itu akan disiapkan sebagai produk global.  Bila Peraturan Pemerintah tentang mobil listrik telah disahkan, besar harapannya MINI Cooper SE elektrik keren ini ikut merapat ke Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS