Aki Hitachi Siap Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Aki Hitachi Siap Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia
Aki Hitachi telah mendapatkan akreditasi digunakan berbagai manufaktur mobil kenamaan Eropa [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Berencana bangun pabrik di Tanah Air, konsumen aki Hitachi termasuk manufaktur sportscar Eropa.

Suara.com - PT Putra Mustika Prima (MPM Parts) anak perusahaan dari MPM Grup, resmi meluncurkan distribusi produk aki Hitachi sebagai hasil kerja sama eksklusif dengan Hitachi Chemical Storage Battery (Thailand) Public Company Limited (HCBT), dalam pentas otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019 di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Dengan aki berlabel "Sealed Maintenance Free" maka acara mengisi air untuk aki tak lagi diperlukan [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Dengan aki berlabel "Sealed Maintenance Free" maka acara mengisi air untuk aki tak lagi diperlukan [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

"Kami mengucapkan terima kasih telah ditunjuk menjadi distributor tunggal aki Hitachi untuk wilayah Indonesia. Tentunya ini menjadi sebuah pencapaian yang signifikan bagi MPM Parts, karena dipercaya oleh Hitachi Chemical, perusahaan skala dan reputasi global," ujar Momog Irnawan, Chief Executive Officer (CEO) MPM Parts.

Tentang profil produk

Menurut Momog Irnawan, pelanggan Indonesia mengharapkan solusi produk dengan kualitas yang lebih baik dan tahan lama. Dan kebutuhan ini sanggup dipenuhi oleh aki Hitachi.

"Aki Hitachi maintenance free diproduksi dengan memanfaatkan elektroda paduan timbal dan pemisah amplop yang sangat tahan terhadap korosi," ujar Momog Irnawan.

Teknologi struktur penutup (seal cap) khusus dengan fungsi mengembalikan air yang diuapkan ke elektrolit, membuat aki ini bebas perawatan. Pasalnya, karena tidak perlu melakukan proses pengisian ulang menggunakan air. Sementara keandalan dan daya tahan tinggi diwujudkan lewat pemakaian berbagai paduan timah yang memanfaatkan teknologi material Hitachi Chemical.

"Kinerja inilah yang telah membuat banyak produsen mobil kelas dunia seperti Volvo, Mercedes-Benz, Ferrari, Toyota, Mitsubishi Motors, Hino menggunakan aki Hitachi produksi kendaraan baru," paparnya.

Sementara itu, Toshinori Osumi, CEO HCBT menambahkan, kepemilikan sepeda motor di Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Ini peluang bisnis yang besar, demikian pula pasar kendaraan roda empat atau mobil.

"Kami akan menghadirkan aki untuk roda dua dan roda empat," terangnya.

Kesiapan membangun pabrik di Indonesia

Dari sisi kerja sama, Momog Irnawan membeberkan bila Hitachi siap membangun pabrik di Indonesia sebagai bentuk investasi. Sedangkan lokasi pabrik sendiri tidak akan terlalu jauh dari Jakarta.

"Target kami sekitar tiga tahun dari sekarang untuk persiapkan pabrik. Belum ditetapkan di mana, namun tidak jauh dari market kami di Jakarta," ucap Momog Irnawan kepada Suara.com.

Saat ditanyai apakah pabrik di Indonesia akan memiliki kapasitas produksi yang lebih besar dibandingkan Thailand, ia mengatakan hal itu bisa saja terjadi, karena semuanya sambil dihitung marketnya.

"Kalau lihat dari populasi bakal lebih dari Thailand. Kami akan melihat market share tiga tahun ke depan seperti apa," tutup Momog Irnawan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS