Freon AC Mobil Tidak Bakal Habis, Kecuali ...

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Freon AC Mobil Tidak Bakal Habis, Kecuali ...
AC mobil. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Bila pendingin udara kabin atau AC mobil tidak berfungsi, mungkin saja akibat beberapa hal di bawah ini.

Suara.com - Sudah menjadi kebiasaan, jika sebuah kabin mobil mengalami kejadian AC atau air conditioning tidak dingin maka kesalahan dilimpahkan kepada Freon. Disebutkan bahwa Freon habis atau tidak lagi berfungsi.

Padahal, seperti dikutip dari laman Hyundai Indonesia, sebenarnya Freon pada AC mobil tidak mungkin habis. Freon berfungsi sebagai cairan utama bagi sistem AC. Dalam suhu ruang zat ini berwujud gas, dan saat mengalami pendinginan melalui evaporator  akan berubah menjadi cairan.

Ilustrasi AC Mobil (Shutterstock).
Ilustrasi AC Mobil [Shutterstock].

Daur hidup Freon AC mobil bervariasi tergantung pemakaian. Tidak ada waktu pasti berapa masa pakainya, karena semuanya bergantung kepada penggunaan. Namun, biasanya bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Lantas bagaimana cara agar pemilik mobil bisa tahu saat Freon AC tadi sudah habis?

Mesti dicatat bahwa sejatinya Freon tidak bakal habis bila tidak terjadi kebocoran pada sistem AC mobil.  Atau dengan kata lain, penyebab habisnya Freon AC disebabkan karena adanya kebocoran pada sistem AC itu sendiri. Biasanya memang karena faktor usia. Sebab, dalam sistem AC terdapat beberapa komponen yang berkaitan satu sama lain. Di antaranya kompresor, kondensor, receiver drier, dan evaporator.

Kejadian Freon habis biasanya disebabkan karena adanya kebocoran atau kerenggangan pada karet seal pada sambungan selang dan pipa sehingga gas Freon bocor. Bisa juga akibat munculnya lubang pada selang maupun pipa. Solusi yang dapat diakukan adalah dengan mencari penyebab kebocoran, menambalnya, lalu mengisi ulang Freon AC mobil.

Bisa juga melihat indikator saat menghidupkan AC mobil. Biasanya kompresor yang terdapat pada AC mobil akan berputar dan bergerak. Namun, bila kompresor AC mobil ini tidak bergerak, kemungkinan freon AC mobil sudah habis.

Terakhir disarankan, cara paling bijak agar AC mobil tetap dingin dan tidak perlu menambah freon adalah melakukan servis rutin AC mobil setiap satu tahun sekali. Tujuannya, selain menjaga menjaga pendingin udara tetap optimal sehari-hari, juga agar lebih cepat untuk mendeteksi apakah terjadi kebocoran atau tidak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS