Begini, Cara Mengirit Bahan Bakar Buat Suzuki Ertiga!

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Begini, Cara Mengirit Bahan Bakar Buat Suzuki Ertiga!
Test drive Suzuki All New Ertiga dari Jakarta menuju Cirebon pp [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Perjalanan test drive seru bersemangat "eco driving". Simak di sini, cara membesut Suzuki Ertiga secara irit.

Suara.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja mengadakan test drive "All New Ertiga Tripventure" bagi jurnalis dan Suara.com berbahagia mendapatkan kesempatan ini. Pasalnya, lebih dari jalan-jalan, acara ini bertemakan pengujian konsumsi bahan bakar salah satu produk passenger car andalannya dengan rute Cikarang - Cirebon.

Setelah menempuh perjalanan 184 km dalam pemakaian normal, kendaraan peserta dinilai konsumsi bahan bakarnya dengan metode full-to-full atau dihitung dari posisi tangki penuh, setelah pemakaian diisi kembali ke posisi full. Jumlah liter yang diisi menjadi angka konsumsi yang dibagi dengan jarak tempuh.

Suzuki All New Ertiga, salah satu andalan terdepan dari dealer Suzuki di Cirebon, ditampilkan di acara All New Ertiga Tripventure [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Suzuki All New Ertiga, salah satu andalan terdepan dari dealer Suzuki di Cirebon, ditampilkan di acara All New Ertiga Tripventure [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Konsumsi bahan bakar terbaik untuk Suzuki Ertiga transmisi manual tercatat 5,5 L dengan rata-rata konsumsi BBM 33,45 km per L. Sedangkan untuk kategori Suzuki Ertiga transmisi otomatis atau matik adalah 6,2 L dengan rata-rata konsumsi BBM 29,67 km per L.

Donny Saputra, Marketing Director 4-Wheel PT SIS memaparkan bahwa kegiatan ini tidak sekadar jalan-jalan menggunakan Suzuki Ertiga, atau mencoba mesin K15B yang irit bahan bakar, melainkan mempraktikkan cara berkendara "eco driving".

Baca Juga: Telah Terbit: Jadwal Tontonan Otomotif, Kalender F1 2020

"Ertiga sudah menggunakan platform Heartech, kira-kira 50 kg lebih ringan, karena setiap 100 kg mempengaruhi tiga persen bahan bakar," kata Donny Saputra.

Donny Saputra kemudian menjelaskan beberapa cara untuk menghemat bahan bakar selama perjalanan. Berikut adalah ulasannya:

Akselerasi perlahan

Pemilik kendaraan sebaiknya tidak langsung menekan pedal gas terlalu dalam saat memulai perjalanan. Akselerasi yang perlahan sekitar 20 km per jam selama lima detik saat mulai, akan mengurangi konsumsi bahan bakar sekitar 11 persen.

Kecepatan konstan

Baca Juga: Top 5 Otomotif Pagi: Antrean Panjang Suzuki Jimny, Pasar KBL Didorong

Mobil membutuhkan lebih banyak bahan bakar apabila pengemudi bersikap agresif, yakni terlalu sering berakselerasi dan deselerasi. Untuk menghemat BBM, pengemudi bisa menerapkan kecepatan konstan. Meski sulit diterapkan dalam siatuasi lalu lintas Jakarta yang macet, hal itu bisa diterapkan di tol luar kota.

Komentar