Telah Terbit: Jadwal Tontonan Otomotif, Kalender F1 2020

RR Ukirsari Manggalani
Telah Terbit: Jadwal Tontonan Otomotif, Kalender F1 2020
Sirkuit jalan raya F1 Singapura. Paddock dan control tower dekat Marina Bay Sands dan Singapore ferris wheel [Suara.com/ukirsari].

Ingin nonton seri paling jauh atau terdekat dari Indonesia, kulik jadwal lengkapnya di sini.

Suara.com - Balap single seater paling seru di dunia, Formula One (F1) telah menjadi tontonan wajib di kalangan pencinta otomotif. Pentas adu kencang jet darat ini bisa diformulasikan dengan acara jalan-jalan atau liburan para penyuka kecepatan sehingga menjadi paket keluarga yang seru. Semisal sebelum atau setelah nonton dilanjutkan bertandang ke museum otomotif, berwisata alam, budaya, kuliner, sampai shopping.

Tak heran, balap F1 dijual sebagai salah satu daya tarik negara penyelenggaranya, karena bersinggungan erat dengan unsur lifestyle. Sebutlah seperti Grand Prix (GP) F1 Monako, GP F1 Singapura, GP F1 Bahrain, serta GP F1 Inggris.

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel (kiri), memimpin balapan F1 GP Inggris selepas start di Sirkuit Silverstone, Minggu (8/7/2018). [AFP/Andrej Isakovic]
Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel (kiri), memimpin balapan F1 GP Inggris selepas start di Sirkuit Silverstone, Minggu (8/7/2018) [AFP/Andrej Isakovic]

Untuk pergelaran kompetisi balap jet darta tahun depan, kalender sementara F1 telah dilansir. Dengan menandingkan 22 seri balap jet darat, yang tercatat sebagai paling banyak dalam penyelenggaraannya sejak digelar perdana sekitar 1950. Bila dibuat rata-rata, hampir 2 minggu sekali pasti dipentaskan.

Sebagai catatan, buat negara sesama anggota ASEAN, selain tetangga dekat kita, tahun depan F1 juga dipentaskan di Vietnam. Sehingga bagi penggemar yang memiliki keterbatasan waktu untuk menonton seri-seri Eropa maupun Amerika Serikat, bisa memilih alternatif dua negara ini, dengan durasi penerbangan di bawah lima jam (yang bagi sebagian orang dirasakan cukup melelahkan).

Seperti diwartakan kantor berita Antara, seri pertama mengawali musim 2020 digelar di Australia pada 15 Maret 2020 dan dirampungkan terakhir di Abu Dhabi 29 November 2020 yang dipetik dari laman resmi Formula 1.

Selain muncul Vietnam sebagai penyelenggara perdana untuk keikutsertaan dalam F1 dan menjadi negara ke-34 dalam daftar tuan rumah, Belanda membukukan diri sebagai negara penyedia sirkuit kembali. Inilah kembalinya negara itu selaku penggelar balapan setelah memungkas keikutsertaan usai GP Belanda di Sirkuit Zandvoort pada 1985.

Lantas penyelenggara yang mundur adalah Jerman, karena Sirkuit Hockenheim mengalami kendala finansial. Sedangkan Australia, Inggris, dan Spanyol telah memperpanjang kontraknya, ditambah Meksiko hingga tiga tahun ke depan.

Berikut adalah daftar lengkap sementara GP F1 2020:

15 Maret Australia Melbourne
22 Maret Bahrain Sakhir

5 April Vietnam Hanoi
19 April China Shanghai

3 Mei Belanda Zandvoort
10 Mei Spain Barcelona
24 Mei Monako Monako

7 Juni Azerbaijan Baku
14 Juni Kanada Montreal
28 Juni Prancis Paul Ricard

5 Juli Austria Red Bull Ring
19 Juli Inggris Raya Silverstone

2 Agustus Hungaria Hungaroring
30 Agustus Belgia Spa

6 September Italia Monza
20 September Singapura Singapura
27 September Rusia Sochi

11 Oktober Jepang Suzuka
25 Oktober Amerika Serikat Austin

1 November Meksiko Mexico City
15 November Brasil Interlagos
29 November Abu Dhabi Abu Dhabi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS