Bawa Tamu Negara, Driver Pelantikan Presiden NKRI Dilatih Khusus

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Bawa Tamu Negara, Driver Pelantikan Presiden NKRI Dilatih Khusus
Mobil delegasi tamu negara untuk acara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin diparkir di halaman Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10). [ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay]

Ada standarisasi khusus membawa tamu negara. Driver pada pelantikan presiden dan wapres lakukan ini.

Suara.com - Dalam kegiatan mengemudikan mobil para tamu negara di acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Mercedes-Benz Indonesia menyatakan telah memberi pelatihan khusus bagi para driver terkait acara pada akhir pekan ini (20/10/2019).

Menurut Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia, pelatihan dilakukan agar para pengemudi bisa optimal saat membawa para tamu negara.

Mobil delegasi tamu negara untuk acara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin terparkir di halaman Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10). [ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay]
Mobil delegasi tamu negara untuk acara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin diparkir di halaman Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10). [ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay]

"Tentunya ini terkait dengan fitur kendaraan S-Class yang sangat langka. Jadi ada baiknya driver memiliki kemampuan memadai. Kalau tidak, nanti tidak optimal ketika melayani tamu negara," ujar Hari Arifianto saat dihubungi Suara.com, tentang Mercedes-Benz S450L yang akan membawa tamu setara kepala negara (sementara Mercedes-Benz E300 digunakan untuk para tamu level utusan sampai deputi).

Ditanyai berapa lama pelatihan dilakukan oleh pihak Mercedes-Benz, Hari Arifianto menyebutkan tidak terlalu lama, karena hanya pelatihan biasa.

"Sepengetahuan saya dilakukan beberapa hari. Tidak ada sertifikasi khusus untuk hal ini (terkait pelatihan yang diberikan)," imbuhnya.

Sebelumnya, sebanyak 18 unit Mercedes-Benz berwarna hitam ditabmbah cadangannya sebanyak empat unit terlihat sudah parkir rapi di kompleks Istana Negara. Pada pelat nomornya telah diberi penunjuk bidang logam warna merah bertuliskan negara asal tetamu.

Di antaranya pelat mobil bertuliskan nama Singapura, Myanmar, PR China, Filipina, USA (United States of America), Malaysia, Vietnam, Australia dan lain-lain.

Dan salah satu di antara para driver, bernama Sentanu yang berada di balik kemudi salah satu Mercedes-Benz S450L untuk membawa tamu negara asal Brunei menyatakan, selain keterampilan teknis mengemudi, dibutuhkan kecakapan berbahasa Inggris.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menyatakan bahwa unit pokok kendaraan yang disiapkan pihak istana Negara adalah 18 mobil.

"Kami mempersiapkan untuk memberikan yang terbaik terhadap tamu negara yang akan hadir dalam inagurasi Bapak Presiden 20 Oktober. Nah, sesuai dengan permohonan Kemenlu, kami siapkan 18 unit kendaraan untuk tamu kepala negara," jelas Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS