Ganas, Porsche Uji Coba Crossover dengan Empat Motor Listrik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ganas, Porsche Uji Coba Crossover dengan Empat Motor Listrik
Porsche Cayenne, sebagai produk crossover Porsche. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Pengujian Porsche crossover berlangsung tertutup, tanpa disebutkan detail. Namun ini unsur menariknya.

Suara.com - Porsche sebagai produsen otomotif yang kerap mencetak mobil sport rupanya tidak mau tinggal diam di tengah pesatnya tren Kendaraan Bermotor Listrik atau KBL.

Perusahaan asal Jerman ini dikabarkan tengah melakukan uji coba terhadap sebuah produk crossover yang mengandalkan empat motor listrik.

Meski pengujian dilakukan secara tertutup dan tidak ada penjelasan secara detail terkait produk, Porsche menyebut membangun mobil dengan empat motor listrik sekaligus adalah hal sulit.

Salah satu tunggangan dari tim balap GT Porsche saat tengah berada di paddock, Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, 2018 [Shutterstock].
Salah satu tunggangan dari tim balap GT Porsche saat tengah berada di paddock, Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, 2018. Sebagai ilustrasi modifikasi atas produk Porsche [Shutterstock].

"Ini seakan Anda memiliki pedal gas yang terpisah untuk setiap roda," jelas Ulf Hintze, perwakilan Porsche Engineering, seperti dilansir dari Carscoops.

Baca Juga: Sepanggung Kylie Minogue, Lewis Hamilton Sebut Ayahnya Pahlawan

Ditambahkan, penggunaan empat motor listrik semakin sulit karena para insinyur tidak bisa memasang sensor tambahan. Sebagai pengganti, para insinyur memasang perangkat lunak yang untuk menjaga motor tetap bergerak selaras.

Perangkat lunak diklaim mampu mengamati kemudi kendaraan secara terus-menerus. Selain itu, perangkat lunak akan memonitor berbagai faktor termasuk berapa sering pengemudi berakselerasi, dan berapa banyak kendaraan memutar pada sumbu vertikal.

Selanjutnya, ketika ada gerakan tidak sesuai, perangkat lunak akan melakukan intervensi dengan mempercepat roda atau melakukan pengereman mendadak.

"Motor bergerak sangat halus dan cepat. Pengemudi tidak akan menyadarinya. Rasanya seperti mengemudi di atas rel," imbuh Ulf Hintze.

Baca Juga: Lima Alasan, Mengapa Charles Leclerc Layak Jadi Idola Baru di F1

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS