Jaga Transparansi, Begini Cara Ujian Praktik SIM Sistem E-Drives

RR Ukirsari Manggalani
Jaga Transparansi, Begini Cara Ujian Praktik SIM Sistem E-Drives
Peserta menunjukkan kartu E-Drives saat melakukan uji praktik SIM di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (10/12/2019) [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pd].

Bila tak penuhi standar kualifikasi, jangan harap bisa mengantongi SIM sistem e-Drives.

Suara.com - Polda Metro Jaya telah meluncurkan sederet inovasi kekinian, termasuk sistem tes praktik SIM e-Drives. Dikutip dari kantor berita Antara, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono memaparkan bahwa Kepolisian harus mengantisipasi dampak negatif dengan munculnya gangguan keamanan dan kemajuan pesat Kota Jakarta. Polri dituntut untuk bekerja dengan transparansi serta pelayanan yang cepat.

Nah, salah satu bentuk transparansi serta layanan cepat ini tercermin dari sistem ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan sistem e-Drives. Atau akronim dari Electronic Driving Test System.

Lewat cara ini, penilaian uji praktik konvensional bisa ditinggalkan. Atau dengan kata lain, pengetesan kelayakan atas pemohon SIM yang dilaksanakan secara konvensional berubah menjadi sistem elektronik dengan penilaian lebih transparan dan akuntabel.

Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Lalu Hedwin (kiri) menjelaskan cara mengikuti uji praktik SIM sistem elektronik di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (10/12/2019). Ditlantas Polda Metro Jaya menerapkan uji praktik SIM dengan sistem baru, yaitu electronic driving test system atau disebut juga e-Drives dengan harapan dapat mengurangi perilaku anggota kepolisian yang membantu meloloskan pemohon SIM [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pd].
Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Lalu Hedwin (kiri) menjelaskan cara mengikuti uji praktik SIM sistem elektronik di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (10/12/2019) [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pd].

"E-Drives meminimalisir perilaku anggota kami. Ke depan tidak bisa lagi: bila tidak lulus, ya tidak lulus," tandas Irjen Pol Gatot Eddy Pramono beberapa saat lalu.

Pada hari ini, Selasa (10/12/2019), peserta atau pemohon SIM di Ibu Kota Jakarta telah melakukan uji praktik dengan sistem e-Drives. Seperti yang berlokasi di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta.

Tampak Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Lalu Hedwin menjelaskan cara mengikuti uji praktik SIM sistem elektronik di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta.

Lewat pelaksanaan e-Drives diharapkan mampu mengurangi perilaku anggota Kepolisian yang membantu meloloskan pemohon SIM. Jadi bagi pemohon, pastikan bahwa Anda telah cakap mengemudi serta memahami peraturan dan etika berlalu lintas untuk lulus dari ujian praktik ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS