Kunci Mobil Berteknologi Tinggi, Tips Anti Macet sampai Cegah Maling

RR Ukirsari Manggalani
Kunci Mobil Berteknologi Tinggi, Tips Anti Macet sampai Cegah Maling
Smart key car untuk mobil [Shutterstock].

Kumpulan artikel seputar smart key, mulai temuan fungsional sampai cara cegah kemalingan.

Suara.com - Selaras dengan berkembangnya aneka fitur mobil yang dioperasikan dari kabin, kunci kendaraan juga turut mengikuti kemajuan. Apalagi, peranti satu ini adalah perangkat utama untuk membuka tunggangan sebelum pengguna mengoperasikan fungsi lainnya.

Perkembangan teknologi telah mengantar kunci mobil ke sistem smart key bahkan keyless. Di kalangan peretas atau hacker, bagian kendaraan satu ini juga masuk daftar utama "mengujicoba" keandalan mereka beroperasi. Masuk akal, karena sekali pintu terbuka, otomatis kejahatan lainnya bisa dilakukan. Mulai melarikan si mobil atau mengambil barang berharga di dalamnya.

Berikut adalah tautan tentang kunci mobil kekinian. Simak betapa smart key masa kini siap digunakan sebagai alat transaksi atau melakukan pembayaran non-tunai, sampai tips sederhana untuk mengatasi beroperasinya si tangan jail alias maling. Juga ada tips untuk mengatasi kunci mobil yang tidak berfungsi.

1. Ini Tips Anti - Maling Buat Mobil dengan Sistem Keyless

Ilustrasi keyless system [Shutterstock].
Ilustrasi keyless system [Shutterstock].

Belakangan ini semakin banyak produsen otomotif yang melengkapi produknya dengan sistem keyless. Membuka atau mengunci pintu, serta menghidupkan mesin tanpa pakai anak kunci layaknya mobil konvensional.

Tekniknya, pabrikan memanfaatkan gelombang radio unik untuk mengaktifkan sistem kelistrikan. Fitur baru ini bertujuan agar mobil makin aman dari aksi pencurian. Namun, nyatanya hal itu terkadang malah mendatangkan ide para penjahat untuk mengakali sistem keamanan mobil produk baru.

Baca selengkapnya

2. Jika Smart Key Tidak Berfungsi, Ini Tips buat Mengatasinya

Smart key car untuk mobil [Shutterstock].
Smart key car untuk mobil [Shutterstock].

Salah satu inovasi di bidang otomotif yang sangat memudahkan pengendara adalah penemuan teknologi smart key. Berdasarkan sejarahnya, fitur smart key pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 1990-an oleh Siemens dan disematkan pada mobil produksi Mercedes-Benz pada 1998.

Teknologi ini telah menjadi fitur standar di setiap mobil. Namun permasalahannya, terkadang smart key atau smart entry tidak bisa berfungsi. Bila sudah demikian lantas bagaimana solusinya?

Baca selengkapnya

3. Semakin Canggih, Kunci Mobil Siap Gunakan Sistem NFC

Teknologi IT pada peranti otomotif, termasuk penerapan Near Field Communication (NFC). Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Teknologi IT pada peranti otomotif, termasuk penerapan Near Field Communication (NFC). Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Teknologi terus berkembang, demikian pula yang terjadi di dunia otomotif. Selain makin maraknya produksi dan purwarupa Kendaraan Bermotor Listrik atau KBL, fitur kekinian terus disematkan. Tak terkecuali soal kunci mobil.

Lupakan peranti bantu membuka dan menutup mobil berbentuk konvensional, karena banyak pabrikan yang telah menerapkan sistem smart keyless sebagai pengganti.

Baca selengkapnya

4. BMW Pelajari Kemungkinan Ganti Kunci Mobil dengan Ponsel Pintar

Kunci mobil BMW. [Shutterstock]
Kunci mobil BMW. [Shutterstock]

BMW mengungkapkan bahwa mereka kini sedang mempertimbangkan untuk menghilangkan peran kunci mobil konvensional untuk mobil-mobil mereka. Di masa depan, peran kunci mobil konvensional BMW dapat digantikan oleh ponsel pintar.

Member of The Board BMW AG, Ian Robertson, mengatakan bahwa di zaman sekarang, konsumen semakin tidak membutuhkan kunci mobil untuk membuka pintu kendaraan maupun menyalakan mesin. Semua itu bisa dilakukan tanpa peran kunci berbentuk fisik.

Baca selengkapnya

5. Pabrikan Asal Prancis Buat Kunci Mobil yang Bisa Jadi E-Money

Salah satu mobil buatan produsen otomotif Prancis, DS Automobiles. [Shutterstock]
Salah satu mobil buatan produsen otomotif Prancis, DS Automobiles. [Shutterstock]

Transaksi belanja tanpa uang tunai menggunakan kartu ATM, kartu kredit, atau kartu e-money (uang elektronik) kini makin umum dilakukan. Bahkan, ke depannya Anda bisa membayar dengan menempelkan kunci mobil ke alat pembayaran non-tunai.

Pabrikan asal Prancis, DS, sudah memikirkan hal itu. Bahkan, mereka sudah membuat kunci mobil yang bisa juga jadi 'e-money'.

DS, seperti diwartakan Carscoops pada Kamis (7/9/2017), memastikan akan menerapkan kunci mobil dengan teknologi tersebut pada hatchback mereka yaitu DS 3 Connected Chic. Kunci mobil ini dapat digunakan dalam transaksi belanja senilai 30 euro (sekitar Rp477.000) atau kurang.

DS membenamkan chip bPay plus teknologi Radio-Frequency Identification (RFID) pada kunci mobil tersebut. Untuk mengisi kembali nominal uang elektronik di dalamnya, para pemilik DS 3 tinggal mengunduh aplikasi khusus pada ponsel pintar mereka.

Sementara ini, DS 3 dengan kunci mobil canggih ini tersedia untuk pasar Inggris. Transaksi unik dengan kunci mobil ini dapat dilakukan di 500.000 toko retail di negaranya Ratu Elizabeth itu.

"Kami di DS selalu mencari cara untuk memudahkan gaya hidup aktif konsumen kami yang selalu terkoneksi dan ingin berinteraksi dengan mudah. Dengan kunci mobil yang mendukung transaksi non-tunai ini, kami merasa sudah berhasil melakukannya," kata Direktur Pemasaran DS Automobiles di Inggris, Mark Blundell.

Ia belum dapat memastikan apakah teknologi ini akan pula diaplikasikan pada model lain. DS, menurut Blundell, bakal melihat terlebih dahulu respons balik dari konsumen DS 3 sebelum melakukannya.

Baca selengkapnya

6. Kunci Mobil Bisa Digunakan untuk Bayar Belanja

Ilustrasi kunci mobil untuk pembayaran. [Shutterstock]
Ilustrasi kunci mobil untuk pembayaran. [Shutterstock]

Membayar belanja dengan menggunakan smartphone sudah menjadi hal biasa. Tapi apa yang terjadi jika saat berbelanja, Anda lupa membawa dompet atau ponsel?

Jangan khawatir, nanti Anda dapat membayar belanjaan Anda dengan menggunakan kunci mobil. Kunci pertama di Inggris yang dilengkapi dengan kartu pembayaran tanpa perlu melakukan kontak langsung diluncurkan produsen mewah Prancis DS dan Barclaycard.

Baca selengkapnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS