Viral, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Tinjau Sosialisasi Covid-19

RR Ukirsari Manggalani
Viral, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Tinjau Sosialisasi Covid-19
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengikuti upacara 17 Agustus 2019 di Lapas Kedungpane Semarang. [Suara.com/Adam Iyasa]

Begini cara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo lakukan imbauan perangi Covid-19. Berkostum touring, lengkap pakai masker.

Suara.com - "Ini cairannya apa? Orangnya jangan disemprot, minta turun dulu," dari balik helm, terdengar suara berwibawa lagi menenteramkan hati.

Siapakah dia?  Inilah Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang bikin salfok alias salah fokus karena menunggang kuda besi Kawasaki ER-6n.

Berkunjung dalam rangka mempersiapkan warganya memerangi Coronavirus Disease atau Covid-19, video Pak Gub Ganjar Pranowo yang beredar di media sosial ini menjadi viral. Ia tampak gagah menunggang Kawasaki ER-6n paduan warna merah dan hitam. Kostumnya rider touring, helm lengkap, serta tak lupa mengenakan masker tentunya.

Ganjar Pranowo berkeliling ke desa-desa untuk mensosialisasikan pencegahan Corona [Instagram: @ganjar_pranowo].
Ganjar Pranowo berkeliling ke desa-desa untuk mensosialisasikan pencegahan Corona [Instagram: @ganjar_pranowo].

Atribut itu membuat Pak Gub tak dikenali warga desa. Terlihat dalam video seorang warga mencegat saat akan masuk desa dan menanyakan identitas Ganjar Pranowo.

"Namanya siapa? Tujuan kemana? Keperluan apa?" tanya petugas. Dan ia pun sedikit tercengang saat Ganjar Pranowo menyebutkan nama lengkap.

Yang dilakukan perangkat desa ini memang sudah jadi Standard Operational Procedure atau SOP. Hal tadi dilakukan sebagai bentuk ketegasan dari tim relawan, bahwa siapa saja yang masuk ke sebuah desa akan didata dan diperiksa.  Lantas Pak Gub memberikan imbauan pada para petugas di gerbang desa untuk tidak sembrono menyemprot cairan disinfektan.

"Jangan semprot dulu, ini cairannya apa? Kalau cairannya berbahaya, semua orang yang lewat tanpa pakai masker jangan disemprot," tandasnya.

Pak Gub kemudian  mendatangi para Kepala Desa atau Kades dan memberikan ujaran agar mereka memantau betul warga yang mudik.

Imbauan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mensosialisasikan pencegahan Corona, termasuk cara karantina para pemudik [Instagram: @ganjar_pranowo].
Imbauan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mensosialisasikan pencegahan Corona, termasuk cara karantina para pemudik [Instagram: @ganjar_pranowo].

"Dan yang belum mudik, kami berharap keluarganya melarang mereka untuk mudik. Kalau tetap mudik, akan kami karantina selama 14 hari," tegasnya.

Soal si kuda besi yang diajak touring Pak Gub, kerennya sungguh terasa. Kawasaki ER-6n dibekali mesin 649cc 2-silinder, berpendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 71 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 64 Nm di 7.000 rpm.

Kita semua semangat mengakhiri pandemi Covid-19, Pak Gub!  Simak video lengkapnya di SINI.

Mobimoto.com/Gagah Radhitya Widiaseno

Catatan dari Redaksi: Jika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, silakan informasi seputar Coronavirus Disease atau Covid-19 di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing dengan jarak minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS