Akibat Covid-19, Launching Citroen C5 Aircross Ditangguhkan

RR Ukirsari Manggalani
Akibat Covid-19, Launching Citroen C5 Aircross Ditangguhkan
Citroen C5 Aircross [Reuters/Francois Lenoir via ANTARA Foto]

Penundaan peluncuran mobil akibat Covid-19 terjadi di banyak negara. Di India, Citroen C5 Aircross juga tertahan.

Suara.com - Peliknya dampak yang ditimbulkan Coronavirus Disease atau Covid-19 terus terjadi di sektor otomotif global. Selain pintu pabrik di pelbagai penjuru dunia digembok, peluncuran produk baru juga ditangguhkan.

Di satu sisi, tentu saja masa kekinian yang sarat dengan teknologi bisa menjamin mulusnya virtual launching atau peluncuran virtual. Cara ini selaras imbauan tinggal di rumah serta physical distancing. Namun di sisi lain, tidak demikian halnya bila ditinjau dari sisi pemasaran.

Mobil konsep Citroen AmiOne diperkenalkan di stand produsen mobil Perancis, Nissan pada 5 Maret 2019, press day Geneva International Motor Show 2019 akan digelar 7 - 17 Maret 2019 [AFP/Fabrice Coffrini].
Mobil konsep Citroen AmiOne  di Geneva International Motor Show 2019. Sebagai ilustrasi produk Citroen [AFP/Fabrice Coffrini].

Animo pasar sangat mungkin masih kurang, karena kekhawatiran akan menjalarnya pandemi Covid-19. Hal ini akan bermuara pada daya serap produk yang kurang dari harapan. Faktor-faktor itu turut menjadi pertimbangan bahwa sebuah mobil atau sepeda motor urung diluncurkan di masa infeksi penyakit saluran pernapasan tadi.

Dikutip dari kantor berita Antara, Peugeot Société Anonyme atau PSA Group sebagai grup otomotif global yang menaungi Citroen, DS Automobiles, Opel, Peugeot dan Vauxhall, telah menunda peluncuran sebuah produk perdana mereka di India. Yaitu Citroen C5 Aircross.

Tidak tanggung-tanggung, penangguhan berlangsung selama satu tahun, hingga baru awal 2021 nanti baru dilangsungkan. Padahal, PSA Group sudah siap mengenalkan, namun badai Covid-19 telah membuat peta bisnis mereka berjalan tidak seperti rencana. Sehingga baru kuartal pertama tahun depan akan siap.

"Kami menegaskan komitmen untuk India, dan masyarakat saat ini tengah prihatin atas kesejahteraan serta kesehatan, sehingga pembelian mobil bukanlah sebuah prioritas," papar perusahaan itu.

"Sehingga PSA Group di India berkoordinasi erat dengan mitra dealer, telah memutuskan untuk menjadwal ulang peluncuran Citroen C5 Aircross SUV ke Q1 2021, sambil memastikan kesiapan industri," demikian bunyi keterangan berikutnya.

Penjadwalan ulang ini diharapkan sesuai dengan prediksi dan potensi perkembangan ekonomi di India. PSA Group juga berharap peluncuran tahun depan sejalan dengan optimisme masyarakat di sektor ekonomi.

Catatan dari Redaksi: Jika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, informasi seputar Coronavirus Disease (Covid-19) bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing, minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS