alexametrics

Yamaha Patenkan Teknologi Keren: Sinyal Pelaporan Laka Lantas

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Yamaha Patenkan Teknologi Keren: Sinyal Pelaporan Laka Lantas
Logo Yamaha [Shutterstock].

Teknologi baru yang dikembangkan Yamaha sungguh menarik. Laka lantas atau kecelakaan lalu lintas lebih cepat terdeteksi.

Suara.com - Perkembangan teknologi telah mendorong produsen otomotif berupaya menghadirkan fitur-fitur inovatif. Contohnya bisa dilihat pada Yamaha.

Dikutip dari Visordown, belum lama berselang, produsen berlogo garpu tala itu mematenkan sebuah teknologi keamanan terbaru. Yaitu sebuah sistem yang mampu mendeteksi kemungkinan pengendara terjatuh.

Detektor keamanan buat biker [Grafis: Visordown].
Detektor keamanan buat biker. Sebagai ilustrasi [Grafis: Visordown].

Menariknya lagi, teknologi besutan Yamaha itu akan memberi sinyal kepada pihak ketiga saat pengendara terjatuh alias mengalami kecelakaan lalu lintas atau laka lantas. Dan dilengkapi dengan rincian lokasi kejadian. Tidak sampai di situ, sensor yang tertanam pada body motor akan segera memberikan sinyal kepada pengendara lain bila telah terjadi sebuah laka lantas di area sekitar kejadian.

Keseluruhan kinerja sistem itu diwakili oleh sensor dan peranti pendukung buatan Yamaha dengan kemampuan mendeteksi motor saat bergerak tak normal, atau saat akan mengalami laka lantas. Namun soal spesifikasi Yamaha belum memerinci dengan jelas seperti apa sistem atau yang akan ditawarkan.

Baca Juga: Diduga Korban Begal, Sopir Taksi Online Tergeletak di Pinggir Jalan

Hanya disebutkan bahwa baru saja menanamkan teknologi keamanan terbaru itu pada motor sport produksinya. Dan bisa saja kelak akan disematkan untuk pelbagai model motor Yamaha lainnya.

Sebagai catatan, sistem keamanan mutakhir seperti ini sebelumnya telah ditawarkan oleh BMW melalui teknologi BMW e-call system. Fungsinya memberi tanda bahaya saat berkendara. Namun Yamaha sedikit lebih unggul dengan teknologi yang mampu mengirim sinyal ke pihak ketiga.

Kita nantikan bersama seperti apa kinerja dan spesifikasi teknisnya.

Baca Juga: Toyota Urban Cruiser, Kembaran Suzuki Vitara Brezza, Meluncur Agustus

Komentar