5 Jenis Bau, Bisa Identifikasi Mobil Tengah Bermasalah

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
5 Jenis Bau, Bisa Identifikasi Mobil Tengah Bermasalah
Cermati saat bermobil, apakah ada bau busuk di kabin. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Cobalah cermati saat mobil melaju, adakah muncul bebauan aneh? Ini identifikasi, sedang "sakit" apakah tunggangan kesayangan.

Suara.com - Sniff ... sniff ... selagi berada di balik kemudi mobil, tak ada salahnya membaui kendaraan yang dibesut. Kondisinya yang sedang kurang prima, ya sebutlah seperti kita bila tengah tidak sehat, bisa terdeteksi.

Kondisi mobil sedang bermasalah, rupanya juga bisa diketahui dari bau yang dikeluarkan. Jika muncul bau yang tak biasa, maka pemilik tunggangan wajib waspada. Berikut adalah identifikasi bau di mobil yang dikutip dari Wuling Indonesia yang bisa dijadikan wacana bila mobil mengalami masalah.

1. Bau bensin

  • Bau bensin umumnya tercium ketika sedang berada di SPBU. Nah, patut diwaspadai bila bau bensin masih tercium beberapa jam setelahnya.
  • Jika ini terjadi, kemungkinan adalah kebocoran pada tangki atau injektornya, dan harus segera diantar ke bengkel terdekat. Kebocoran pada tangki bensin juga bisa berpengaruh terhadap borosnya penggunaan bahan bakar.
Ilustrasi knalpot mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi knalpot mobil. [Shutterstock]

2. Bau asap knalpot

  • Bau asap knalpot merupakan indikasi mobil mengalami masalah pada kebocoran sistem pembuangan, bisa juga pintu dan jendela mobil memiliki lapisan yang kuat.
  • Bau asap knalpot yang terjebak di dalam mobil ini sangat berbahaya bagi pengemudi dan penumpang, karena bisa mengakibatkan kematian. Segeralah bawa mobil ke bengkel agar teknisi bisa melakukan analisis dan juga perbaikan secepatnya.
Ilustrasi telur yang kaya akan protein. (sumber: Shutterstock)
Ilustrasi telur [ Shutterstock].

3. Bau telur busuk

  • Bau telur busuk bisa muncul bila meninggalkan sisa makanan dalam mobil. Namun jika tidak membawa makanan kemudian muncul bau ini, maka kemungkinan terjadi malfungsi pada sistem bensin.
  • Apabila katalis converter, filter bensin, atau sensor tekanan bensin rusak, gas sulfur bisa bocor dan baunya akan menyeruak ke dalam kabin seperti telur busuk.

4. Bau terbakar

  • Munculnya bau ini di mobil bisa disebabkan beberapa hal seperti kabel listrik, airconditioning atau AC mengalami overheating, atau pedal rem yang sudah aus.
  • Namun bila bau yang muncul menyerupai plastik terbakar, mintalah teknisi untuk segera mengecek kondisi mobil. Bisa jadi ada yang harus diperbaiki dari mesin mobil.
  • Berbeda hal pula dengan bau karet terbakar. Bau ini mengindikasikan selang karet atau belt di balik kap mobil kendor. Bila ini terjadi, maka ada beberapa komponen yang bisa berpindah tempat dan kontak langsung dengan mesin panas.
Ilustrasi AC Mobil (Shutterstock).
Ilustrasi AC Mobil (Shutterstock).

5. Bau apek atau asam

  • Bau asam atau apek kerap muncul dari AC mobil. Ini merupakan tanda bahwa ventilasi di filter udara di sistem AC mobil sangat lembap. Akibatnya, di dalam filter udara muncul jamur yang mengeluarkan bau tak sedap. Bila terlalu lama didiamkan akan berdampak buruk untuk kesehatan.
  • Caranya, segera bawa ke layanan pembersihan AC mobil untuk dibersihkan. Termasuk bagian filternya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS