Paten Transmisi Mesin Honda Bocor, Bikin Motor Sport Rasa Motor Bebek?

Silfa Humairah Utami | Cesar Uji Tawakal
Paten Transmisi Mesin Honda Bocor, Bikin Motor Sport Rasa Motor Bebek?
Logo sepeda motor Honda. [Shutterstock].

Akankah muncul motor sport tanpa koling manual?

Suara.com - Pabrikan motor asal Jepang, Honda saat ini diduga tengah mengembangkan sistem transmisi mesin semi-otomatis. Serangkaian gambar paten yang ditemukan baru-baru ini menunjukkan bahwa Honda mempertimbangkan semua desain baru yang menjawab banyak masalah dari sistem transmisi kopling ganda (DCT) saat ini.

Dilansir dari Rideapart, sebuah gambar paten (diterbitkan 21 Mei 2020) menunjukkan pengaturan pergantian gear semi-otomatis yang baru yang mana mirip dengan desain manual yang sudah lawas dengan transmisi melalui gearbox. Namun uniknya hal ini dioperasikan kopling secara manual.

Namun bedanya, terdapat sistem "kopling pintar" yang terkomputerisasi dan berfungsi layaknya quickshifter.

Paten sistem transmisi motor Honda yang baru. (rideapart.com)
Paten sistem transmisi motor Honda yang baru. (rideapart.com)

Cara kerjanya adalah dengan memotong daya saat tiba waktunya untuk berganti. Pengendara tinggal ganti gigi dengan shifter kaki standar, dan dan sistem canggih tersebut berfungsi menjadi penggantifungsi kopling.

Desain transmisi baru Honda ini juga harus terbukti lebih sederhana daripada pengaturan DCT yang rumit, di mana harapannya bakal lebih handalan, dan lebih terjangkau.

Personil Honda seolah bertekad untuk membuat motor yang lebih mudah dikendarai. Teknologi dalam gambar paten ini bisa saja tidak pernah berhasil dipasarkan, tetapi Honda tampaknya berniat untuk mencari cara membuat alternaitf kopling manual, bahkan jika banyak penggemarnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS