Yuk, Lebih Akrab dengan MIVEC, Mesin Kebanggaan Mitsubishi

RR Ukirsari Manggalani
Yuk, Lebih Akrab dengan MIVEC, Mesin Kebanggaan Mitsubishi
Mitsubishi Outlander PHEV bermesin listrik berdaya maksimal 70 kW (94 daya kuda) di bagian belakang dan 60 kW (80,5 daya kuda) di depan, serta satu buah mesin bensin berkapasitas 2.4L DOHC MIVEC [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Sederet keunggulan mesin MIVEC diusung oleh pelbagai produk Mitsubishi. Silakan mengenalnya satu per satu.

Suara.com - Menyebut Mitsubishi sebagai salah satu produsen ternama otomotif Jepang, ingatan selalu melayang kepada mesin kebanggaan perusahaan ini: MIVEC, kependekan dari Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control. Salah satu contoh produk terbaru pengguna jantung ini adalah Mitsubishi Xpander.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada rabu (3/6/2020), Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menciptakan mesin MIVEC pada 1992. Saat itu diterapkan di produk Mitsubishi Mirage. Lantas sesudahnya terus dikembangkan, disematkan sejumlah perangkat tambahan untuk menghasilkan kinerja lebih baik.

Mesin MIVEC [Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control] khas Mitsubishi [Dok Mitsubishi via ANTARA Foto].
Mesin MIVEC [Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control] khas Mitsubishi [Dok Mitsubishi via ANTARA Foto].

Adapun prinsip MIVEC adalah teknologi pengaturan kinerja waktu (valve timing) dan besarnya bukaan katup udara dalam mesin (valve lift) agar mampu menghasilkan tenaga besar, konsumsi bahan bakar efisien, dan emisi gas buang rendah.

Dalam sejarahnya, MMC mengembangkan mesin MIVEC menjadi mesin All New MIVEC yang mengendalikan intake valve timing (waktu bukaan katup udara masuk) dan besarnya valve lift pada waktu yang sama, sepanjang waktu.

"Mesin MIVEC yang disematkan pada kendaraan Mitsubishi Motors memiliki teknologi yang tidak hanya mengoptimalkan performa tenaga mesin, namun memperhitungkan tingkat konsumsi bahan bakar dan gas buang yang efisien, sekaligus memperhatikan keberlangsungan lingkungan," demikian papar Guntur Harling, Group Head of Product Strategy Division PT MMKSI.

Laman berikut adalah pelbagai macam mesin MIVEC khas Mitsubishi.  Mulai edisi awal hingga terbaru.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS