Diterpa Pandemi, Suzuki Sebutkan Masih Mengantongi Laba

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Diterpa Pandemi, Suzuki Sebutkan Masih Mengantongi Laba
Acara launching New Suzuki Carry Luxury di ajang GIICOMVEC 2020 [Suara.com/Manuel Jeghesta Mainggolan].

Ada faktor penyebab tak semua produk terimbas pandemi Covid-19. Antara lain karena hal ini.

Suara.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjadi salah satu produsen otomotif yang turut merasakan dampak dari pandemi Virus Corona jenis baru atau Covid-19. Namun demikian, Head Product Development PT SIS, Harold Donel mengatakan bahwa Suzuki sejauh ini masih beruntung karena tidak semuanya mengalami penurunan.

"Jika dilihat dari sisi market, Suzuki beruntung, karena tidak semua market turun. Beberapa market justru naik pada periode Januari-April 2020 dibanding kanperiode yang sama tahun sebelumnya," ujar Harold Donel, saat Ngobrol Virtual Dulu (Ngovid) bersama Forwot.

Lebih lanjut, Harold Donel menjabarkan bahwa pada April, dari retail sales penjualan mobil Suzuki turun 29,5 persen. Sedangkan market share Suzuki justru performanya naik 11,5 persen, dari 9,3 persen.

Menurutnya, Suzuki diuntungkan oleh model-model yang diproduksi lokal sehingga sangat membantu penjualan di masa pandemi. Adapun mobil yang dibuat secara lokal oleh Suzuki mencapai 88 persen sedangkan 12 persennya merupakan produk yang dipasarkan dalam bentuk Completely Build-Up atau CBU.

"Kontribusi terbesar dari pick up di angka 50 persen sebagai penunjang ekonomi, Ertiga 20 persen, SUV 15-20 persen, sisanya model city car," kata Harold Donel.

Lebih jauh, tambahnya, penjualan mobil jenis pick up tergolong masih stabil. Periode Januari-April 2020, pickup mengalami penurunan penjualan dari 18 persen menjadi 10 persen secara nasional. Namun market share naik dari 39 persen jadi 59 persen.

"Di sini Suzuki berhasil melakukan strategi dengan berbagai program diskon dan program lainnya," tutup Harold Donel.


Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, selalu gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama cuci tangan rutin. Menuju tata normal baru, kita bisa mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS