Lampu Indikator Mobil Selalu Menyala, Pertanda Apa?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Lampu Indikator Mobil Selalu Menyala, Pertanda Apa?
ABS indikator bersama odometer [Shutterstock].

Indikator mobil berfungs memberikan informasi atau kondisi fitur pada saat itu. Jangan sampai terlewat.

Suara.com - Fungsi indicator lamps atau lampu indikator di dashboard mobil adalah memberikan informasi kinerja setiap bagian kendaraan. Konsekuensinya, bagian ini pantang diabaikan. Jika lampu indikator mobil menyala terus berarti ada suatu masalah pada kendaraan kesayangan.

Pasalnya, lampu indikator di dashboard mobil seharusnya hanya sekali menyala dan langsung mati ketika kunci diputar ke posisi ON.

Panel dashboard All New Nissan Serena [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Panel dashboard All New Nissan Serena. Sebagai ilustrasi lokasi indicator lamps [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Adapun indikator atau penunjuk yang terpampang di dashboard, fungsinya antara lain memberikan hasil pantauan suhu, tekanan oli, pemakaian seatbelt, dan masih banyak lagi.

Nah, ketika indikator mobil terus menyala, berarti pada tunggangan telah terjadi suatu masalah dan harus segera diperbaiki. Bila tidak, selain akan hadir ketidaknyamanan saat mengemudi, juga berpotensi mengganggu konsentrasi selama perjalanan.

Jika hal ini terjadi, pastikan untuk segera mencari tahu penyebabnya, dan langsung memperbaikinya. Biasanya, lampu indikator mobil berkaitan dengan mesin atau bagian-bagian penting mobil. Mengutip Suzuki Indonesia, inilah alasan mengapa indikator mobil menyala terus.

Ilustrasi seorang perempuan berada di kabin mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi seorang perempuan berada di kabin mobil, tengah mengecek indikator [Shutterstock]

Lampu indikator aki menyala

  • Ketika lampu indikator aki pada mobil menyala terus berarti ada masalah pada aki mobil. Yang mesti dilakukan adalah segera mengganti daya sumber tenaga mobil ini. Jika tidak segera menggantinya, kerusakan pun dapat terjadi.

Lampu indikator oli menyala

  • Biasanya jika keberadaan oli di mesin mobil habis, maka indikator oli akan menyala terus. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti pelumas atau oli mesin dengan yang baru.

Lampu indikator airbag menyala

  • Airbag biasanya hadir pada jenis-jenis mobil yang baru. Apabila indikator airbag di mobil terus menyala, berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan sistem kerja airbag.
  • Karena airbag ini berhubungan dengan sistem keselamatan pada mobil, pastikan untuk segera menangani masalahnya.

Lampu indikator engine check menyala

  • Ini merupakan bagian terpenting,jika indikator engine check menyala, berarti ada kerusakan pada mesin atau terdapat sesuatu yang tidak berfungsi pada mesin.
  • Bisa segera mengeceknya terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau malfungsi pada mesin mobil, supaya tidak terjadi kondisi yang lebih buruk.

Lampu indikator ABS (Anti-Lock Braking System) menyala

  • Sama seperti lampu indikator mobil yang lain, jika lampu indikator mobil ini menyala terus-menerus, bisa dipastikan bahwa ABS mengalami kerusakan, atau ada hal yang salah pada ABS mobil. Hal ini harus segera diperbaiki guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS