Asyik, Game Balap Mobil Karya Bill Gates Bisa Diunduh via App Store

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
Asyik, Game Balap Mobil Karya Bill Gates Bisa Diunduh via App Store
Pendiri Microsoft, Bill Gates. [Shutterstock]

Bill Gates bikin game balap mobil? Ya, mengapa tidak. Mobil balap single seater karyanya melawan "musuh" tidak umum.

Suara.com - Sebagai salah satu orang paling jenius di dunia, banyak hal yang bisa dilakukan oleh Bill Gates. Bakat dan kepintarannya pun sudah terlihat ketika ia masih muda. Salah satunya adalah menelurkan karya berupa game balap mobil unik yang menampilkan tunggangan pacu model single seater.

Yup, sekitar 1981, Bill Gates yang kala itu masih berusia 26 tahun, berhasil membuat sebuah game komputer sederhana yang diberi nama Donkey.bas atau yang lebih populer disebut Donkey.

Kabar baiknya, game berformat 64 bit itu kini bisa dimainkan pada perangkat berbasis iOS. Ya, game Donkey buatan Bill Gates sudah tersedia di App Store dengan harga 99 sen dolar Amerika Serikat.

Karya Bill Gates dan Neil Konzen bertajuk "Donkey" tentang balapan menghindar dari sekelompok donkey di balik mobil balap. Seru! [Apple Aps Store].
Karya Bill Gates dan Neil Konzen bertajuk "Donkey" tentang balapan menghindar dari sekelompok donkey di balik mobil balap. Seru! [Apple Aps Store].

Menurut laporan CNCB pada Selasa (16/6/2020), pola permainan Donkey sangat sederhana. Pemain harus mengendalikan tunggangan balap jenis single seater, seperti bisa disimak dalam tampilannya yang cukup sederhana. Dipandang secara bird's view. Nah, tingkat kesulitannya unik. Jet balap pastilah ngebut, sementara lawan yang dihadapi bukan sesama pembalap. Melainkan keledai tengah melintas di jalan. Usahakan agar tidak menabraknya.

Semakin lama pemain bisa memacu tunggangan balap tanpa menabrak keledai, semakin banyak juga poin yang bisa mereka dapatkan. Dan tentu saja, tingkat kesulitannya pun semakin tinggi.

Sekadar bernostalgia, Bill Gates tidak bekerja sendiri ketika mengembangkan game Donkey. Ia juga dibantu salah satu karyawan pertama Microsoft yang bernama Neil Konzen. Di Microsoft sendiri, Neil Konzen adalah seorang programmer.

Dalam sebuah pidato pada 2001, Bill Gates menceritakan ia bersama Neil Konzen mulai mengerjakan pembuatan game mulai jam 04.00 pagi.

Dan seolah merefleksikan game karyanya, Bill Gates Dia memiliki koleksi mobil yang menggambarkan kesukaannya akan performa kendaraan roda empat. Yaitu sederet tunggangan supercar seperti diberitakan oleh CNBC. 

Bernilai  sekitar 650 ribu dolar Amerika Serikat, termasuk di antaranya adalah Porsche 911, Jaguar XJ6, Porsche Carrera Cabriolet 964, Coupe 959 1988 Porsche, serta Ferrari 348.

Yuk, balapan pakai tunggangan single seater khas buatan Bill Gates.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS