Sempat Jadi Pemegang Saham Mayoritas, VW Akan Akuisisi Penuh Audi?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Sempat Jadi Pemegang Saham Mayoritas, VW Akan Akuisisi Penuh Audi?
Ilustrasi VW. [Tobias SCHWARZ / AFP]

Namun pembelian saham minoritas tersebut diikuti dengan 'kenaikan harga'.

Suara.com - Produsen mobil Audi sejak 1964 memang sudah menjadi bagian dari Volkswagen. Saat itu VW Group mulai dengan memegang 50 persen di perusahaanyang lama-lama menjadi 99,64 persen kepemilikan tahun ini.

Namun, dilansir dari Motor1, Volkswagen dikabarkan bakal membeli sisa 0,36 persen saham minoritas di Audi. Dengan ini otomatis VW Group dalam kendali penuh terhadap pembuat mobil mewah tersebut, namun tentu saja akan ada harganya.

"Volkswagen AG telah mengumumkan bahwa penyelesaian tunai akan dibayarkan kepada pemegang saham minoritas dengan 'imbalan' berupa 1.551,53 euro per saham Audi AG," kata VW dalam sebuah pernyataan dikutip dari Motor1.

Audi A6 berbahan bakar bensin [Audi via ANTARA Foto].
Audi A6 berbahan bakar bensin [Audi via ANTARA Foto].

Harga saham saat ini di Audi AG berada di 1.050 euro atau sekitar Rp 16,7 juta . VW Group akan membeli ini seharga 1.551,53 euro atau kisaran Rp 24,7 jutaan.

Dengan 152.749 saham Audi AG yang beredar, seluruh pembelian akan menelan biaya 237 juta euro (3,7 triliun rupiah). Transfer resmi diharapkan terjadi pada bulan Juli atau Agustus pada pertemuan umum tahunan Audi.

Ada banyak 'manuver' di dalam VW Group. Salah satu laporan terbaru melibatkan CEO Porsche, Oliver Blume yang diduga bakal diplot menjadi pimpinan Volkswagen, sementara pemegang posisi ini sebelumnya, Herbert Diess mengundurkan diri sebagai kepala VW tetapi akan tetap menjadi ketua Grup VW.

Hingga berita ini ditulis, VW belum mengkonfirmasi pergerakan tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS