Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kick Starter Bila Kehabisan Bensin

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kick Starter Bila Kehabisan Bensin
Ilustrasi kick-starter. [Shutterstock]

Kehabisan bahan bakar atau bensin bisa terjadi pada siapa saja.

Suara.com - Kehabisan bahan bakar atau bensin bisa terjadi pada siapa saja, termasuk para pemilik sepeda motor yang sudah menganut sistem injeksi.

Terlebih saat ini banyak jenis motor, khususnya skutik, yang sudah tidak lagi dilengkapi dengan kick starter. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Menurut Technical Service Division PT. Astra Honda Motor, Endro Sutarno, jika mengalami kejadian seperti ini pemilik cukup mengisi bensin kembali.

"Isi aja bensin di tangki. Kemudian nyalakan seperti biasa. Tidak ada masalah," kata Endro kepada Suara.com, Sabtu (20/6/2020).

Seperti diketahui, motor yang kehabisan bensin biasanya tidak cukup hanya menggunakan starter motor. Pemilik biasanya harus memanfaatkan kick starter untuk menyela motor.

Ilustrasi kehabisan bensin. [Shutterstock]
Ilustrasi kehabisan bensin. [Shutterstock]

Fungsinya adalah bensin yang berada di tangki dapat memompa bensin dan motor kembali hidup. Namun menurut Endro, langkah tersebut tidak perlu lagi dilakukan pada motor injeksi saat ini.

"Ini (menyela motor) tidak perlu. Begitu kunci kontak On. Mesin hidup dan pompa bensin akan ikut hidup kembali," ucap Endro

Namun terakhir Endro menyarankan untuk menunggunya dalam waktu beberapa detik. "Tunggu pompa bensin hidup selama 2 detik baru kemudian di starter," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS