Soal Mobil Listrik, Hyundai dan LG Sepakat Perluas Kemitraan

RR Ukirsari Manggalani
Soal Mobil Listrik, Hyundai dan LG Sepakat Perluas Kemitraan
Hyundai Ioniq EV dalam Bangkok Motor Show 2019. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Hyundai dan LG memperluas kesepakatan soal EV atau mobil listrik, juga melakukan lobby ke beberapa produsen Korea Selatan.

Suara.com - Senin besok (22/6/2020), pimpinan Hyundai Motor Group dan LG Group bakal bertemu untuk membahas kerja sama dalam bisnis kendaraan listrik yang diperluas cakupannya. Demikian dikutip kantor berita Antara dari kantor berita Yonhap, Minggu (21/6/2020).

Adapun mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) yang akan diperluas kemitraannya itu, akan dibahas oleh Chung Euisun, Wakil Ketua Eksekutif Grup Hyundai Motor, dengan Koo Gwang-mo, Ketua Grup LG. Waktunya adalah saat kunjungan Chung Euisun ke pabrik aki mobil LG Chem Ltd., di Ochang.

Logo LG. [Shutterstock]
Logo LG [Shutterstock]

Selama ini, LG Chem telah memasok baterai mobil lithium-ion ke semua EV produksi Hyundai Motor. Misalnya Hyundai Kona EV, dan Hyundai Ioniq Electric. Kemudian juga menjadi pemasok baterai untuk EV generasi mendatang Hyundai produksi 2022.

Dan sebagai catatan, ini kali perdana Chung Euisun akan bertemu dengan Koo Gwang-mo dalam pertemuan resmi. Nama disebut pertama adalah pewaris Hyundai Motor Group, dan memimpin grup otomotif ini sejak September 2018. Sedangkan nama yang disebut kedua, mengambil alih kepemimpinan LG Group, sebuah konglomerat bidang kimia dan meluas hingga bidang elektronik, pada 2018.

Dan berbincang soal produk EV, Chung Euisun juga akan menemui pimpinan SK Innovation Co, Chey Tae-won. Sebuah perusahaan pemasok baterai mobil ke model all-electric Kia Motors Corp., seperti Kia Soul EV dan Kia Niro EV.

Sebelumnya, telah bertatap muka dengan Lee Jae-yong, Wakil Ketua Samsung Group untuk membahas kemungkinan kerja sama dalam bisnis EV.

Hyundai Motor Group sendiri tengah berupaya memproduksi mobil listrik massal berdasarkan platform EV sendiri yang disebut platform modular global-listrik (E-GMP) tahun depan. Platform baru itu akan diterapkan pada produknya, dinamai proyek NE, serta mobil crossover baru yang diproduksi bersama Kia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS