5 Pantangan Ini 'Haram' Bagi Pemotor, Awas Bisa Bahaya Lho

Rauhanda Riyantama | Cesar Uji Tawakal
5 Pantangan Ini 'Haram' Bagi Pemotor, Awas Bisa Bahaya Lho

Sikap waspada adalah kunci saat berkendara.

Suara.com - Tak ada yang sempurna di dunia ini, tak terkcuali para bikers. Walaupun beberapa dari mereka sudah terlatih bahkan mempunyai sertifikat bakat khusus (seperti safety riders misalnya), para bikers alias pemotor tentu tak selalu luput dari kesalahan.

Kesalahan tersebut ada yang bisa menimbulkan kerugian material, ada juga yang mengancam nyawa.

Dikutip dari Visordown, berikut 5 kesalahan paling umum yang kerap dilakukan oleh para pemotor.

Ilustrasi motor menabrak [Shutterstock].
Ilustrasi motor menabrak [Shutterstock].

1. Ceroboh saat parkir

Pastikan anda meninggalkan kuda besi kesayangan di tempat yang mudah diawasi. Selain itu pastikan anda juga menggunakan piranti pengaman, seperti gembok cakram atau minimal kunci stang, agar motor anda tak raib digondol maling.

2. Terpancing ikut ngebut

Bikers dari kalangan remaja hingga dewasa muda terkadang masih kerap berkendara dalam semangat berapi-api. Tak jarang dari mereka yang terpancing ingin ngebut cuma karena ada orang lain yang melakukan hal yang sama.

Hal ini berbahaya karena setiap orang mempunyai ritme berkendara yang berbeda, apalagi saat melakukan cornering alias menikung-rebah.

3. Ngerem mendadak

Tak perlu panjang lebar, mengerem mendadak bisa membuat pengendara di belakang anda kelabakan dan bisa saja memicu kecelakaan.

4. Mengira semua orang sadar kehadiran anda

Jangan salah, beberapa kasus kecelakaan disebabkan oleh kehadiran kendaraan yang tak terdeteksi, sehingga pengendara lain salah antisipasi. Misalnya saat anda hendak mendahului kendaraan lain.

5. Motoran saat sedih atau marah

Berkendara saat emosi sedang tak stabil bisa memicu pengambilan keputusan yang buruk. Nggak jarang kan ada orang yang ngebut cuma karena sedang marah sama kekasihnya?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS