Antisipasi Kerumunan CFD Jakarta, Ini Lokasi Layanan SIMling

RR Ukirsari Manggalani
Antisipasi Kerumunan CFD Jakarta, Ini Lokasi Layanan SIMling
Sejumlah warga berolahraga di Jalan M.H Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020) saat digelar Car Free Day (CFD) di masa pandemi COVID-19. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Layanan SIMling atau SIM Keliling berbeda lokasi dengan area Car Free Day (CFD). Ini daftar dua lokasinya.

Suara.com - Mulai Minggu sekarang (28/6/2020) kegiatan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Sudirman-Thamrin disebar ke 32 titik di lima wilayah Ibu Kota Jakarta.  Salah satu alasannya, pada penyelenggaraan pekan lalu, kegiatan yang perdana diadakan di masa pandemi COVID-19 terjadi kerumuman.

Serta berbagai pelanggaran protokol kesehatan. Seperti tidak mengenakan masker di tempat umum, ibu hamil ikut serta, dan anak-anak dibawa serta.

Dikutip dari unggahan akun resmi Twitter Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Minggu (28/6/2020) selain digelar CFD yang tersebar di lima wilayah Jakarta, juga diadakan layanan SIMling atau SIM Keliling. Yaitu layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di lokasi terpilih.

Tidak seperti biasanya yang digelar di lima lokasi, hari ini SIMling hanya disediakan di dua lokasi. Dan tidak berada di salah satu titik CFD untuk menghindari kerumunan saat pelaksanaan penutupan jalan bagi kegiatan olah raga di tengah pandemi COVID-19.

Adapun keputusan pemindahan CFD dari Jakan Sudirman-Thamrin ke 32 titik di berbagai wilayah Ibu Kota seperti disebutkan tadi, adalah terjadi kerumunan akibat jumlah pengunjung yang melebihi perkiraan. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan bahwa berdasarkan hasil evaluasi CFD (21/6/2020) di 28 akses masuk Jalan Sudirman-Thamrin terdapat 40.155 orang yang datang, terdiri dari 21.342 pejalan kaki dan kurang lebih 18.813 pesepeda di luar warga yang beraktivitas saat CFD menggunakan MRT, TransJakarta kendaraan pribadi dan parkir pada gedung-gedung sekitar Sudirman-Thamrin.

Antrian warga mengurus perpanjangan SIM di Pelayanan SIM Keliling Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Kamis (4/6). [Suara.com/Alfian Winanto]
Antrian warga mengurus perpanjangan SIM di Pelayanan SIM Keliling Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Kamis (4/6). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Artinya jumlah peserta CFD pada 21 Juni 2020 itu lebih tinggi dibanding 40 ribu yang kami hitung di 28 jalan akses tadi. Oleh sebab itu, sesuai arahan Pak Gubernur, kami melakukan distribusi pelaksanaan kegiatan olah raga ke lima wilayah kota di Jakarta," jelas Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Jumat (26/6/2020), sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara.

Sementara untuk lokasi SIMling, lewat unggahan Twitter TMC Polda Metro Jaya disebutkan, "Lokasi pelayanan SIM Keliling Minggu 28 Juni 2020, untuk wilayah Jakarta Timur: Masjid At-Tin Taman Mini, untuk Jakarta Barat: Satpas Daan Mogot."

Kemudian diberikan keterangan pula bahwa layanan SIMling hari ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Para pemohon yang ingin mengakses layanan SIM Keliling diharapkan sudah menyiapkan persyaratan sebelum mendatangi lokasi.

Antara lain fotokopi KTP beserta KTP asli, SIM lama dan fotokopinya, bukti cek kesehatan, serta mengisi formulir permohonan.

Dan layanan Bus SIMling hanya berlaku untuk memperpanjang SIM A dan SIM C yang masih berlaku. Bagi SIM yang telah habis masa berlakunya harus membuat permohonan SIM baru.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS