Uji Coba Bus Listrik EV1 Transjakarta, Tekankan Protokol COVID-19

RR Ukirsari Manggalani
Uji Coba Bus Listrik EV1 Transjakarta, Tekankan Protokol COVID-19
Bus listrik Transjakarta siap diuji coba tiga bulan [Dok Transjakarta].

Bus Transjakarta listrik diuji coba hari ini. Silakan turut menjajal EV1, dengan protokol kesehatan COVID-19.

Suara.com - Mulai Senin (6/7/2020) ini, hingga tiga bulan ke depan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba bus listrik di rute layanan Balai Kota–Blok M. Demikian rilis yang diterima Suara.com.

Dalam masa percobaan layanan EV1, Transjakarta untuk awalnya mengoperasikan 2 (dua) unit armada BYD dalam rangka menguji kecocokan armada listrik dalam layanan Transjakarta.

Bus listrik EV1 Transjakarta siap melayani rute Blok M - Kota  [Dok Transjakarta].
Bus listrik EV1 Transjakarta siap melayani rute Blok M - Kota [Dok Transjakarta].

PT Bakrie Autoparts selaku agen BYD di Indonesia membawa 2 (dua) unit bus single low entry tipe K9 dan bus medium tipe C6 untuk diuji coba. Keduanya memiliki spesifikasi daya baterai tahan lama, dengan jarak tempuh diperkirakan mencapai 250 km sebelum baterai diisi ulang, dengan durasi pengisian kurang dari empat jam setiap harinya.

Selaras masa new normal, Transjakarta melakukan layanan uji coba bus listrik dengan protokol COVID-19. Sehingga bus single low entry maksimal menampung 25 penumpang, baik duduk maupun berdiri. Sedangkan bus medium maksimal adalah 11 orang dan tidak ada yang berdiri.

Layanan akan beroperasi setiap hari, mulai pukul 10.00 –20.00 WIB dengan headway atau jarak keberangkatan setiap 45 menit sekali dan berhenti di halte-halte Non-BRT di sepanjang rute Blok M hingga Balai Kota.

Konferensi pers uji coba bus listrik Transjakarta  [Dok Transjakarta].
Konferensi pers uji coba bus listrik Transjakarta [Dok Transjakarta].

Untuk menikmati layanan bus listrik rute EV1, pelanggan tidak dikenakan biaya. Akan tetapi diwajibkan melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus (TOB) yang tersedia di dalam bus.

Transjakarta juga memastikan setiap unit armada bus selalu berada dalam keadaan siap beroperasi, mulai pengecekan hingga pencucian dengan cairan disenfektan pada bus dan interiornya. Selain itu tersedia hand sanitizer di dalam bus demi kenyamanan pelanggan.

Dan, kepada pelanggan juga diimbau untuk senantiasa bekerja sama dengan mematuhi batas jarak aman antarpenumpang, yaitu minimal satu lengan penumpang dewasa dengan pengguna lainnya.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS