Setelah 50 Tahun, Komponen Toyota 2000GT Kembali Diproduksi

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Setelah 50 Tahun, Komponen Toyota 2000GT Kembali Diproduksi
Toyota 2000GT muncul dari kolaborasi Toyota dan Yamaha [Shutterstock].

Setengah abad berlalu, Toyota 2000GT tetap digemari. Suku cadang juga diburu. Itulah alasan sang carmaker lakukan ini.

Suara.com - Salah satu produk legendarisnya tetap disuka hingga kini, Toyota mengumumkan rencananya untuk kembali memproduksi suku cadang Toyota 2000GT setelah 50 tahun atau setengah abad lalu produk itu diproduksi.

Well, salah satu raksasa otomotif Jepang, ini menyatakan memproduksi kembali spareparts dari Toyota 2000GT yang selama ini banyak dicari konsumen. Antara lain adalah fork shift, kit gasket dan tutup oli, girboks manual, serta beberapa komponen lainnya.

Mengingat kelangkaan mobil sport ini, suku cadang hasil reproduksi hanya akan tersedia bagi pembeli yang benar-benar memiliki Toyota 2000GT. Hal ini dimaksud untuk menghindari konsumen nakal dengan niat coba mengambil keuntungan untuk menjual sparepart ini  kembali dengan harga lebih tinggi.

Toyota Supra Gazoo Racing atau Toyota Supra GR di GIIAS 2019 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Toyota Supra Gazoo Racing atau Toyota Supra GR di GIIAS 2019. Sebagai ilustrai produk keluarga Supra yang berjaya sejak puluhan tahun silam [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Seperti diketahui, Toyota 2000GT adalah sports coupe kecil yang diluncurkan pada 1967 dan dikembangkan bekerja sama dengan Yamaha. Mobil ini menggunakan mesin enam silinder 2.0L. Di atas kertas, disebutkan memiliki kecepatan puncak 220 km per jam.

"Mobil ini setara dengan mobil sport Eropa di masa itu," demikian sebut Toyota.

Rencana Toyota untuk kembali memproduksi 2000 GT sebenarnya tidak lepas dari respon positif konsumen setelah perusahaan kembali memproduksi suku cadang model Toyota Supra A70 dan A80.

Rencananya, pemesanan komponen akan dibuka pada 1 Agustus 2020 melalui situs Balap Toyota Gazoo Racing atau dealer Toyota di Jepang. Selanjutnya penjualan akan dibuka untuk sejumlah negara lain.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS