Pakai Mobil Halo-halo, Pemerintah Provinsi Riau Ajak Waspada COVID-19

RR Ukirsari Manggalani
Pakai Mobil Halo-halo, Pemerintah Provinsi Riau Ajak Waspada COVID-19
Mobil Halo-Halo Diskominfotik Riau digunakan untuk mendukung sosialisasi protokol kesehatan COVID-19 di Pasar Dupa, Kota Pekanbaru, Rabu (15/7/2020). [ANTARA/HO-Diskominfotik Riau].

Dilengkapi pelantang suara, inilah sebutan buat mobil pembawa informasi sosialisasi cara memutus rantai penyebaran COVID-19.

Suara.com - Kondisi pandemi COVID-19 telah menggugah berbagai lapisan masyarakat dan instansi untuk melakukan inovasi. Setelah Mobil-Motor Dolan-dolan inisiasi Kepolisian Mojokerto, kali ini ada Mobil Halo-halo.

Dikutip dari kantor berita Antara, Mobil Halo-halo digunakan Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka mengajak pedagang di pasar tradisional untuk menerapkan protokol kesehatan sehubungan COVID-19.

Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander meresmikan team Mobil-Motor Dolan-dolan [Antarajatim/Pemkab Mojokerto/IS].
Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander meresmikan team Mobil-Motor Dolan-dolan [Antarajatim/Pemkab Mojokerto/IS].

"Mobil Halo-halo ini setiap hari keliling Kota Pekanbaru dan luar Kota Pekanbaru untuk menginformasikan kepada masyarakat pentingnya menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19," jelas Chairul Riski, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Riau, sebagaimana dikutip kantor berita Antara dari pernyataan pers pemerintah yang diterima di Pekanbaru, Rabu (15/7/2020).

Adapun nama Mobil Halo-halo dipetik dari sebutan untuk kendaraan operasional Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Riau. Spesifikasinya adalah mobil kategori Multi-Purpose Vehicle (MPV) yang dilengkapi pelantang suara untuk menyampaikan penyuluhan kepada warga.

Sesuai arahan Gubernur Riau Syamsuar, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik mengoperasikan mobil ini untuk menyampaikan informasi mengenai penerapan protokol kesehatan dalam masa new normal.

Petugas yang mengoperasikan mobil bertugas mengingatkan warga supaya menciptakan jarak minimal 1m dengan orang lain, menghindari kerumunan, serta meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

"Dengan imbauan ini, diharapkan masyarakat bisa taat kepada protokol kesehatan yang tujuannya tak lain yakni menjaga diri sendiri, keluarga dan orang sekitar demi menutus penularan virus Corona," tambah Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Riau.

Kemarin, Mobil Halo-halo menyambangi Pasar Dupa di Kota Pekanbaru untuk mendukung tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19. Di lokasi, tugasnya adalah sosialisasi penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS