Hindari Penyebaran Virus, Ayo Rutin Bersihkan Riding Gear

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Hindari Penyebaran Virus, Ayo Rutin Bersihkan Riding Gear
Jaket pemotor di Bangkok Motor Show, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Bila biasanya ada riding gear bisa digantung dan digunakan dua hari, ini sebaiknya dicuci langsung.

Suara.com - Perlengkapan berkendara atau riding gear menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pemotor atau pengendara motor. Apalagi di masa wabah global COVID-19. Demi menghindari penyebaran virus, perlengkapan berkendara perlu diperhatikan dan rutin dibersihkan.

Sekiranya perlengkapan berkendara apa saja yang sebenarnya perlu diperhatikan?

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky menyarankan, sebaiknya perlengkapan berkendara selalu dibersihkan ketika habis dipakai.

Pemberian materi dalam kelas tenatng sosialisasi keselamatan berkendara Honda, berlangsung di Manado [ANTARA/dokumen].
Pemberian materi dalam kelas tentang sosialisasi keselamatan berkendara Honda, berlangsung di Manado. Sebagai ilustrasi physical distancing saat wabah COVID-19 [ANTARA/dokumen].

"Part yang terekspos di luar semua mempunyai potensi terpapar. Jadi baiknya memang punya perlengkapan cadangan," ujar Johannes Lucky, saat Ngobrol Virtual Dulu (Ngovid) bersama Forwot.

Ia menambahkan, di tengah situasi pandemi saat ini memang seluruh perlengkapan harus rajin dibersihkan. Jaket atau sarung tangan yang mungkin biasanya masih bisa digantung untuk pemakaian dua hari, sebaiknya langsung dicuci saja.

"Memang kondisi seperti ini riding gear jadi sering kena cuci. Karena demi keselamatan juga," kata Johannes Lucky.

Terakhir, bagian pengendara motor yang setiap hari harus melakukan mobilitas di jalan, disarankan untuk mengatur rute dan waktu perjalanan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari penumpukan di jalan dan meningkatkan risiko terpapar.

"Waktunya mungkin bisa berangkat lebih cepat agar tidak bentrok dengan commuter lain. Atau mungkin pilih rute alternatif yang tidak terlalu ramai," ungkapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS