alexametrics

Ini Alasan All-New Nissan Kicks e-POWER Mendarat di Indonesia

RR Ukirsari Manggalani
Ini Alasan All-New Nissan Kicks e-POWER Mendarat di Indonesia
Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan di Indonesia [screenshot Roundtable launching All New Nissan Kicks e-POWER oleh Nissan Indonesia].

All-New Nissan Kicks e-POWER launching di Indonesia kemarin via virtual launching.

Suara.com - Pentas mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) di Tanah Air semakin seru, dengan meluncurnya All-New Nissan Kicks e-POWER. Hal itu berarti opsi untuk masyarakat semakin banyak. Bagi Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan di Indonesia, mendatangkan mobil listrik adalah semangat tentang energi non-minyak bumi.

Tampil dalam virtual launching All-New Nissan Kicks e-POWER pada Rabu (3/9/2020) di mana Suara.com turut hadir sebagai partisipan, Isao Sekiguchi menyatakan bahwa langkah memboyong All-New Nissan Kicks e-POWER ke Tanah Air adalah selaras dengan aturan pemerintah Republik Indonesia di bidang percepatan pengadaan kendaraan bermotor listrik.

"Dari keputusan Presiden tentang pengadaan mobil listrik, serta rencana akan digelarnya balap mobil listrik atau Formula E, ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki keinginan dan menyambut teknologi kendaraan bertenaga alternatif," papar Isao Sekiguchi.

Kalaupun muncul keragu-raguan adalah kondisi lapangan tentang fasilitas pendukung sebuah mobil listrik atau EV. Semisal bila akan ganti baterai di mana saja lokasinya, sehingga bila tidak tersedia, kemungkinan si kendaraan tidak bisa diajak berperjalanan jauh.

Presiden Direktur Nissan di Indonesia, Isao Sekiguchi berfoto dengan All-new Nissan Kicks e-Power. (Antara/Nissan Indonesia)
Presiden Direktur Nissan di Indonesia, Isao Sekiguchi berfoto dengan All-new Nissan Kicks e-Power. [Nissan Indonesia via ANTARA Foto].

Sehingga, kehadiran All-New Nissan Kicks e-POWER bisa disebut sebagai sebuah solusi. Yaitu menggunakan bahan bakar listrik yang dipasok lewat baterai, namun tidak memerlukan pengisian ulang atau recharging.

Dan selain mengaspal di Tanah Air, produk All-New Nissan Kicks e-POWER juga hadir antara lain di Thailand, Taiwan, serta Jepang sendiri. Pemilihan Indonesia sebagai destinasi juga perlu digarisbawahi, karena pihak carmaker menganggap negara kita memiliki potensi besar dalam pemakaian produk otomotif bertenaga listrik.

Diberi label Rp449 juta (on the road DKI Jakarta), pemesanan Nissan Kicks e-POWER dibuka mulai 2 September, dan pengiriman ke konsumen dimulai Oktober 2020. Harga ini sudah termasuk Nissan Care Package, garansi kendaraan standar tiga tahun atau 100.000 km, dan garansi untuk baterai lithium-ion, dan sistem kelistrikkan hingga lima tahun atau 100.000 km.

"Dengan harga yang kompetitif, tentunya kehadiran Nissan Kicks e-POWER akan menjadi salah satu pilihan dari masyarakat," lanjut Sekiguchi-san.

Adapun kemudahan yang ditawarkan All-New Nissan Kicks e-POWER adalah sistem e-POWER: roda-roda sepenuhnya digerakkan motor listrik, sementara mesin bensin hanya digunakan untuk mengisi daya baterai dan mengalirkan listrik untuk motor.

Pengaturan waktu yang optimal memastikan mesin bensin hanya bekerja saat diperlukan, sehingga meningkatkan kesenyapan dan bahan bakar yang efisien.

Komentar