alexametrics

Belum Banyak yang Tahu, Ini Mobil Legendaris Milik Mendiang Gus Dur

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Belum Banyak yang Tahu, Ini Mobil Legendaris Milik Mendiang Gus Dur
Almarhum Presiden Republik Indonesia ke-4, KH. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur. [Twitter@tsamaraDKI]

Mobil milik mantan presiden Abdurahman Wahid tersebut mengusung mesin diesel yang tangguh, lho!

Suara.com - Presiden keempat Indonesia, Abdurahman Wahid dulunya ternyata pernah mempunyai sebuah kendaraan roda empat yang bisa dibilanh ikonik.

Sosok yang akrab disapa dengan sebutan Gus Dur ini rupanya merupakan penunggang SUV garang, Mitsubishi Pajero. Bukan Pajero biasa, mobil ini merupakan salah satu varian terelit dari jajaran Pajero-series.

Penampakan mobil tersebut sempat berlalu-lalang di dunia maya, salah satunya melalui unggahan pengguna Facebook bernama Setiawan JayaKesuma, Selasa (20/10/2020), di sebuah grup bernama Motuba.

Mobil tersebut merupakan generasi ketiga dari keluarga Pajero, yang hadir 1999 di Jepang, dan mulai di pasarkan di beberapa negara berkembang pada 2003.

Baca Juga: Tukang Becak Terlempar dan Tewas Setelah Tertabrak Mercedes Benz di Jombang

Mobil Legendaris Gus Dur. (Facebook/Setyawan JayaKesuma)
Mobil Legendaris Gus Dur. (Facebook/Setyawan JayaKesuma)

Mesin yang digunakan pada mobil tangguh milik mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut adalah 4M41 Di-D dengan konfigurasi empat silinder segaris.

Ia mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 kW (162 hp) di putaran mesin 4000 rpm, 351 N⋅m (259 lbf⋅ft) pada putaran mesin 2000-3000 rpm.

Uniknya beberapa situs jual beli mobil bekas menyebutkan bahwa harga seken dari kendaraan serupa masih berkisar Rp 275 jutaan.

Dulunya mobil di atas tergolong mewah, dan kerap dianggap sebagai rival dari  Toyota Land Cruiser.

Kendati demikian, di Indonesia saat ini mobil yang hadir adalah varian "paket hemat", Pajero Sport dengan banderol harga mulai dari Rp 491 jutaan untuk varian termurah dan Rp 702 jutaan untuk varian termahal.

Baca Juga: Cara Mengatasi Air Radiator Mobil yang Cepat Habis

Komentar