alexametrics

Mencegah Mobil Terbakar saat Mengisi Bahan Bakar, Perhatikan 7 Hal Ini

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mencegah Mobil Terbakar saat Mengisi Bahan Bakar, Perhatikan 7 Hal Ini
Ilustrasi sebuah mobil mengisi bahan bakar (Shutterstock).

Mobil terbakar di pom bensin bisa dihindari andai pemilik mobil bisa mematuhi prosedur saat melakukan pengisian bahan bakar. Dalam keterangannya,

Suara.com - Belakangan ini, kejadian mobil terbakar ketika mengisi bahan bakar di SPBU seringkali terdengar. Kejadian seperti ini sangat berbahaya karena tidak hanya akan membuat mobil hangus terbakar dan bisa mengakibatkan korban jiwa.

Padahal, mobil terbakar di pom bensin bisa dihindari andai pemilik mobil bisa mematuhi prosedur saat melakukan pengisian bahan bakar. Dalam keterangannya, Auto2000, Sabtu (5/12/2020), memberikan beberapa tips tindakan pencegahan terjadinya kebakaran saat mengisi bahan bakar.

1. Mematikan Mesin Mobil

Ini merupakan prosedur standar yang selalui diingatkan oleh petugas SPBU tapi masih sering diabaikan oleh pengguna kendaraan. Mesin mobil yang menyala bisa memicu terjadinya percikan api saat bertemu uap bensin, terlebih bila ada masalah di sistem kelistrikan mobil seperti kabel busi bocor.

Baca Juga: Duuar! Mobil Alphard Terbakar di Tol Jagorawi arah Cawang

2. Dilarang Pakai Ponsel

Uap bahan bakar sanggup menjalar dari celah antara nozzle pengisian dan lubang tangki bensin yang sedang melakukan pengisian bahan bakar. Saat bertemu energi listrik dari sinyal ponsel, potensi terbakar bisa muncul yang cukup untuk menimbulkan kebakaran.

Ilustrasi menyetir sambil main ponsel. [Shutterstock]
Ilustrasi menyetir sambil main ponsel. [Shutterstock]

3. Jaga Jarak Aman

Tidak hanya ketika mengemudi di jalan, pengemudi juga harus menjaga jarak aman dengan mobil lain di dalam SPBU. Pasalnya, andai sampai terjadi sesuatu seperti mobil di depan atau bahkan mobil terbakar, masih cukup ruang untuk menghindar.

4. Kecepatan Maksimal 10 Km/jam

Baca Juga: Diduga untuk Balap, Polisi Buru Pengemudi Mobil Terbakar di Ring Road Barat

Saat memasuki SPBU, segera kurangi kecepatan mobil hingga di bawah 10 km/jam dan cukup sekitar 5 km/jam saja di area dispenser, untuk menghindari risiko kecelakaan saat mobil berjalan di dalam pom bensin. Termasuk menjaga apabila mobil kecelakaan tidak berakibat fatal lantaran efek tabrakannya tidak terlalu besar.

Komentar