alexametrics

Dojo Safety dan Teaching Factory Antar Daihatsu Raih Apresiasi Kemendikbud

RR Ukirsari Manggalani
Dojo Safety dan Teaching Factory Antar Daihatsu Raih Apresiasi Kemendikbud
Booth Exhibition Astra Daihatsu dalam konferensi pers Januari 2020. Sebagai ilustrasi kegiatan Daihatsu di bidang pendidikan [Dok PT Astra Daihatsu Motor].

Bagian dari CSR Daihatsu adalah mencerdaskan anak bangsa. Kegiatan ini diapresiasi Kemendikbud melalui Apresiasi Pendidikan Vokasi.

Suara.com - Menyiapkan siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menghadapi kerja dunia nyata telah menjadi komitmen PT Astra Daihatsu Motor (ADM) lewat program Corporate Sosial Resposibility (CSR). Ujudnya, sejak 2014 perusahaan otomotif bermarkas di Sunter, Jakarta Utara itu mengembangkan Daihatsu School Skill Center (DSSC).

Dalam DSSC, SMK berperan sebagai teaching factory untuk mempersiapkan para siswa memasuki dunia kerja atau industri nyata. Kegiatan ini telah diimplementasikan PT ADM di delapan sekolah.

Lantas Daihatsu juga melakukan pendampingan untuk memperkuat sistem manajemen SMK agar sesuai dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), melakukan standardisasi ruang kelas, workshop, hingga membangun Dojo Safety di beberapa sekolah.

Sebelumnya, mulai 2008, PT ADM dalam CSR yang dikemas dengan tajuk "Pintar Bersama Daihatsu" memberikan pendidikan vokasi di jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), demi meningkatkan kompetensi guru dan siswa melalui pelatihan, magang, uji kompetensi, serta sertifikasi kompetensi.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Pasar Mobil Bekas Online Bertahan dalam Pandemi 2020

PT Astra Daihatsu Motor Indonesia meraih penghargaan Vocational Outlook yang  diserahkan langsung oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Kemendikbud RI Ahmad Saufi [Dok PT ADM].
PT Astra Daihatsu Motor Indonesia meraih penghargaan Vocational Outlook yang diserahkan langsung oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Kemendikbud RI Ahmad Saufi [Dok PT ADM].

Kekinian, semua komitmen PT ADM dalam mendukung pengembangan vokasi di Indonesia tadi meraih apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam acara bertajuk Indonesia Vocational Outlook, dua pekan lalu (21/12/2020), di Pullman Jakarta Central Park, penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Kemendikbud RI Ahmad Saufi. Juga disaksikan secara virtual oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem  Makarim.

"Daihatsu mengucapkan terima kasih atas apresiasi vokasi ini. Penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi kami, sekaligus pengakuan terhadap komitmen dan keseriusan Daihatsu dalam meningkatkan link and match antara sekolah vokasi dengan dunia industri, baik dalam peningkatan pada aspek kompetensi individu (hard skill), maupun budaya kerja (soft skill)." sambut Joko Baroto, Executive Officer Human Resources PT ADM.

Selamat kepada PT Astra Daihatsu Motor untuk kegiatan positif yang telah lama dirintis ini.

Komentar