alexametrics

Best 5 Oto: Motor Antik Roy Marten, Komunitas AHY, dan Hongqi Cetak Rekor

RR Ukirsari Manggalani
Best 5 Oto: Motor Antik Roy Marten, Komunitas AHY, dan Hongqi Cetak Rekor
Roy Marten di Studio Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017). [Suara.com/Ismail]

Rekomendasi lima artikel paling banyak dibaca dari kanal otomotif Suara.com. Ada sepeda motor Roy Marten, komunitas Agus Harimurti Yudhoyono, sampai brand Hongqi.

Suara.com - Roy Marten, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, NU Peduli, COC, sepeda motor antik, Tata Nexon EVOverlanding Indonesia, dan Hongqi menjadi kata kunci dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com hari ini, yang dipetik dari tayangan gres hari pertama tahun baru kemarin (1/1/2021).

Nama Roy Marten yang kekinian kerap disapa awak media sebagai Papa Roy Marten mencuat di tengah kasus video mantan menantunya, Gisella Anastasia. Lelaki yang lahir dan besar di Salatiga, Jawa Tengah itu memberikan kata bijak bagi sang putra, Gading Marten dan bisa diteladani siapa saja.

Nah, di antara unggahan kalimat-kalimat Papa Roy yang menyentuh, automotive goers malah salah fokus alias salfok. Yaitu penasaran dengan sepeda motor antik koleksi keluarga Marten, yang disebut Roy Marten dahulu dipandang para perempuan tak ubahnya sebagai sebuah mobil Lamborghini.  Waduh!

Kemudian, dari generasi sesudah Papa Roy, ada Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY yang menggagas lahirnya sebuah komunitas unik. Bernama komunitas Overlanding Indonesia, tak sebatas automotive goers bisa bergabung di sini. Mulai fotografer, traveller, camper, sampai yang ingin bepergian keliling Nusantara naik kendaraan tumpangan boleh turut.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Motor Bermesin Bongsor ke Indonesia pada 2020

Berikutnya adalah NU Peduli, bagian dari organisasi Nahdlatul 'Ulama meluncurkan mobil edukasi keliling tanggap virus SARS-CoV-2. Kendaraannya sendiri disebut Car of COVID-19 Care atau COC, dan siap mengedukasi warga di berbagai belahan di Tanah Air kita.

Kemudian, dua kabar datang dari carmaker negara-negara Asia yang menjadikan industri otomotif sebagai salah satu pilar penting perekonomiannya. Yaitu India, yang semakin mantap melaju di jalur mobil listrik.

Tata Motors, salah satu perusahaan otomotif India, baru saja berjaya dengan salah satu model mobil listriknya, Tata Nexon EV. Pemerintah memberikan dukungan berupa subsidi dan mobil ini sudah tembus 200.000 unit, dalam waktu kurang dari setahun.

Kemudian, dari China, ada Hongqi. Perusahaan otomotif yang dahulu melayani kebutuhan pemerintah dan pejabat negara dalam pemenuhan mobil premium. Kini, di bawah kepemilikan FAW Group, produknya meluas dibuat untuk umum dan mobil listrik menjadi salah satu andalannya.  Rekor penjualan terlaris pun berhasil diraih.

Silakan langsung saja menuju ke tautan-tautan artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com yang tersaji di bawah. Selamat berakhir pekan serta selamat tahun baru 2021, jangan lalai protokol kesehatan termasuk di kediaman sendiri.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Launching Bersamaan Dua Mobil Sekaligus pada 2020

1. Komunitas Overlanding Indonesia, Wadahi Pencinta Jelajah Nusantara

Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY saat mengunjungi GIIAS 2018 di ICE BSD Tangerangdan menyimak Suzuki Jimny sebagai jip ikonik carmaker ini [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]
Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY saat mengunjungi GIIAS 2018 di ICE BSD Tangerangdan menyimak Suzuki Jimny sebagai jip ikonik carmaker ini [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Begitu banyak ragam budaya dan kekayaan alam memukau, yang bagi warga negara sendiri memiliki potensi begitu besar untuk dijelajahi serta semakin dicintai. Bila ada sebuah wadah bagi masyarakat Tanah Air untuk kegiatan ini, alangkah serunya. Nah, Agus Harimurti Yudhoyono atau lebih kondang disapa AHY menyatakan terinspirasi oleh keanekaragaman alam dan budaya di setiap tempat yang ia kunjungi. Termasuk menggunakan jip double cabin.

Dikutip dari kantor berita Antara, AHY tergerak untuk mendirikan komunitas Overlanding Indonesia. Yaitu sebuah wadah bagi mereka yang gemar menjelajahi Nusantara. Tujuannya agar semakin mengenal dan mencintai alam serta masyarakat Indonesia yang budayanya beraneka ragam.

Baca selengkapnya

2. Dahulu Produksi Mobil Pejabat, Hongqi Raih Rekor Penjualan Tertinggi 2020

New Hongqi E-HS9, SUV bertenaga listrik [ANTARA Foto].
New Hongqi E-HS9, SUV bertenaga listrik [ANTARA Foto].

Nama Hongqi yang berarti "red flag" dan identik dengan bendera Republik Rakyat China menjadi merek sedan ikonis Negeri Tirai Bambu sejak 1958. Bergabung bersama FAW Group Corporation, memungkas 2020 perusahan ini mencetak penjualan tertinggi. Yaitu membukukan angka produksi di atas 200.000 unit. Demikian dikutip kantor berita Antara dari kantor berita Xinhua, awal pekan ini (29/12/2020).

Biasanya, Hongqi menggarap pasar kendaraan pemerintahan. Seperti pejabat negara, para petinggi perusahaan BUMN negara China, sampai kebutuhan parade kenegaraan dan perayaan nasional negeri itu.  Namanya surut sekitar 1981, mulai mencuat kembali sekitar 1990-an dan makin tenar setelah dipinang FAW Group Corporation pada 2006.

Baca selengkapnya

3. Punya Banyak Kenangan, Motor Antik Keluarga Roy Marten Ini Bikin Penasaran

Aktor Roy Marten saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2020). [Suara.com/Alfian Winanto]
Aktor Roy Marten saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2020). [Suara.com/Alfian Winanto]

Aktor kawakan, Roy Marten belakangan santer disebut usai dirinya mengeluarkan pernyataan perihal kasus dari sang mantan menantu.

Namun terlepas dari itu, legenda hidup yang juga ayah dari Gading Marten ini pernah terlihat mejeng bersama sebuah motor langka nan antik.

Baca selengkapnya

4. NU Peduli Kerahkan Car of COVID-19 Care Lebih dari Seribu Unit

Ilustrasi Covid-19. (Pixabay/geralt)
Ilustrasi Covid-19. (Pixabay/geralt)

NU Peduli dari organisasi Nahdlatul 'Ulama meluncurkan mobil edukasi keliling tanggap virus SARS-CoV-2 yang disebut Car of COVID-19 Care atau COC. Secara simbolis, kendaraan-kendaraan ini diberangkatkan dari Gedung PBNU, Jakarta, Kamis (31/12/2020). Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

Tugas yang diemban para petugas dalam mobil-mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) itu adalah mengedukasi 202.852 orang di 86 kabupaten se-Indonesia.

Baca selengkapnya

5. Produksi Tata Nexon Capai 2.000 Unit, Cermin Kebutuhan Mobil Listrik India

Tata Nexon EV yang menjadi mobil listrik paling favorit di India [Tata Motors].
Tata Nexon EV yang menjadi mobil listrik paling favorit di India [Tata Motors].

Tata Nexon EV (Electric Vehicle) menjadi salah satu mobil listrik paling favorit di Negeri Bollywood. Memungkas 2020, jumlah unit produksinya di India tembus 2.000 unit. Dipetik dari laman resmi perusahaan, Tata Motors, kurang dari 10 bulan sejak meluncur di pasar nasional, penjualan kendaraan terelektrifikasi ini telah mencapai 2.200 unit per November 2020.

Disebutkan Tata Motors bahwa larisnya Tata Nexon EV menunjukkan pesatnya permintaan mobil listrik untuk kategori passenger car di negara itu.

Baca selengkapnya