alexametrics

Potret Unik Mobil Polisi Indonesia, Bodinya Dihiasi Jeruji Besi

Irwan Febri Rialdi | Gagah Radhitya Widiaseno
Potret Unik Mobil Polisi Indonesia, Bodinya Dihiasi Jeruji Besi
Mobil polisi yang menggunakan jeruji besi pada bagian bodi mobilnya (Instagram)

Mobil polisi ini terbilang unik, terpasanag jeruji besi di samping bodi mobilnya.

Suara.com - Mobil polisi identik dengan corak warna biru di bagian bodi serta adanya sirine di atap mobilnya. Tipe-tipe mobil polisi pun berbeda-beda, mulai dari sedan hingga mobil double cabin.

Namun potret mobil polisi satu ini terbilang unik. Potret yang diunggah oleh akun Instagram @wahyu_denwal ini tampil berbeda dibandingkan dengan mobil polisi pada umumnya.

Mobil polisi ini menggunakan jeruju besi di bagian kanan kiri mobilnya. Fungsi dari jeruji besi itu sendiri untuk melindungi bodi mobil jika dalam melaksanakan dan pengawalan harus menabrak objek yang dinilai perlu.

Pengunggah yang juga merupakan seorang instruktur Indonesia Safety Driving Center Korlantas Polri menjelaskan secara inci fungsi dari jeruji besi tersebut.

Baca Juga: Tak Kalah Hebat dari ETLE, Tilang via Laporan Media Sosial Terbukti Ampuh

Mobil polisi yang menggunakan jeruji besi pada bagian bodi mobilnya (Instagram)
Mobil polisi yang menggunakan jeruji besi pada bagian bodi mobilnya (Instagram)

"Disini kami sedang mengembangkan mobil untuk teknik secure driving, untuk petugas patroli jalan raya dan petugas pengawal baik VIP maupun VVIP, desain mobil untuk pengejaran dan penangkapan dengan teknik kode tabrak titik ekor kiri, titik ekor kanan. Buat para penjahat yang mau coba-coba urungkan niatnya," ungkap Wahyu dilansir dari akun Instagram pribadinya.

Basis mobil tersebut merupakan Toyota Vios yang dibekali mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.496 cc. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu memuntahkan tenaga hingga 106 dk.

Toyota Vios tak hanya dipakai di kepolisian saja. Warga sipil pun sudah ada yang menggunakan mobil ini.

Banderol harga mobil ini pun cukup terjangkau, ditambah dengan adanya kebijakan diskon PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah).

Mobil ini dibanderol mulai dari Rp 252,4 juta untuk varian terendah, sedangkan untuk varian tertinggi dibanderol Rp 281,6 juta.

Baca Juga: Viral Sopir Truk di Tangerang Kena Pungli Rp 150 Ribu, Polisi Bergerak

Untuk melihat video selengkapnya, klik DI SINI!

Komentar