alexametrics

Posisi Duduk Saat Motoran Kurang Tepat, Rasa Lelah Datang Lebih Cepat

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Posisi Duduk Saat Motoran Kurang Tepat, Rasa Lelah Datang Lebih Cepat
Konsumen Honda CBR250RR di Indonesia saat melakukan touring. Sebagai ilustrasi berkendara jarak jauh [Dok. Honda]

Dalam berkendara, posisi duduk nyaman dibutuhkan agar konsentrasi tak hilang sekaligus tidak mudah lelah.

Suara.com - Motoran atau bermotor alias mengendarai kendaraan roda dua adalah aktivitas seru. Akan tetapi, ada beberapa orang merasa cepat lelah saat mengaspal dan berada di atas sadel kuda besi ini. Penyebabnya adalah posisi duduk tidak tepat. Sehingga dibutuhkan postur berkendara yang ideal.

Menurut Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, postur berkendara yang benar dan nyaman mampu menurunkan potensi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara.

"Dalam berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati. Namun dalam waktu bersamaan juga harus rileks agar bisa menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang datang terlalu cepat ketika berkendara dengan sepeda motor," ujar Johanes Lucky, dalam keterangannya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, dengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan yang nyaman, rider tetap bisa memperhatikan keselamatan sehingga berkendara akan menjadi lebih aman.

Postur berkendara ride on position [PT AHM].
Postur berkendara ride on position [PT AHM].

Berikut beberapa postur berkendara yang nyaman, menyenangkan, sekaligus membuat rasa lelah tidak cepat hadir:

1. Ride on Position

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Royal Enfield Ajak Motoran Para Ibu

  • Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Pasalnya posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stress pada bagian bahu, punggung dan leher.
  • Contoh pada Honda PCX, posisi setang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks. Menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan memberikan handling yang nyaman dan maksimal.
  • Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha, ditunjang dengan design jok yang mampu menyangga dengan baik.

2. Leasure Position

  • Leasure position adalah posisi di mana kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara.
  • Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat melakukan perjalanan jarak jauh.
  • Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, bisa kembali pada posisi Ride On Position.

Komentar