alexametrics

Antisipasi Mobil Listrik Mogok, Hyundai Sediakan Donor Baterai

RR Ukirsari Manggalani
Antisipasi Mobil Listrik Mogok, Hyundai Sediakan Donor Baterai
Hyundai Kona elektrik bersama charger bawaannya (non-mobile) [PT Hyundai Motors Indonesia].

Hyundai sediakan "mobile charger" untuk antisipasi baterai tiris.

Suara.com - Mobil listrik atau kendaraan terelektrifikasi disebut anti mogok, sepanjang pasokan daya tidak terputus. Nah, sebagai mengguna, bisa saja terlupa mengisi ulang baterai atau melakukan proses recharging. Sehingga, kondisi tunggangan tak mau diajak bergerak bisa terjadi.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah menyiapkan langkah antisipasi. Dalam acara "Hyundai Track Day 2021" di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/3/2021) dikenalkan pula fasilitas mobile recharging.

"Layanan ini gratis dan berlaku 24 jam, caranya hubungi call center Hyundai," jelas Putra Samiaji, Head of Service Department PT Hyundai Motors Indonesia.

Ia menambahkan, kekinian ada total empat unit "mobile charging" di Indonesia. Masing-masing dua unit di Jakarta, dan satu di Bandung, serta satu lagi di Surabaya.

Baca Juga: Elon Musk Siap Menutup Pabrik di Shanghai, Jika ...

Mobile charging Hyundai Kona dan IONIQ yang ditunjukkan di Sirkuit Sentul Bogor [ANTARA/Fathur Rochman].
Mobile charging untuk Hyundai Kona  EV dan IONIQ yang ditunjukkan di Sirkuit Sentul Bogor [ANTARA/Fathur Rochman].

"Ini mungkin baru di Indonesia, yang pertama di negara kita. Bahwa kami memiliki mobile charging dan menyediakan layanan ini," tukasnya.

Cara kerja mobile charging tak lain adalah sebagai layanan donor baterai dari mobil ke mobil. Hyundai menyediakan unit mobil listrik yang telah dilengkapi konverter.

Melalui konverter itu, kendaraan "mobile charging" bisa menyalurkan listrik kepada mobil listrik Hyundai milik pelanggan, baik Hyundai Kona Electric maupun Hyundai IONIQ yang mengalami kehabisan daya baterai di situasi darurat.

Inilah solusi bagi pemilik kendaraan listrik yang kehabisan baterai atau daya dalam situasi tidak disangka.

"Jika customer kehabisan baterai di jalan, tiba-tiba dia lupa mengisi baterai dan mengalami mogok, nah ini, kami bisa datang membawa konverter di mobil listrik unit mobile charging. Konverter ini akan berfungsi mendonorkan daya listrik yang terdapat dalam mobile charging untuk didonorkan ke kendaraan konsumen," jelas Putra Samiaji.

Baca Juga: Fokus Mobil Listrik, Volkswagen Grup Dikabarkan Lepas Porsche

Dengan adanya layanan "mobile charging", pelanggan bisa mengisi daya baterai kendaraan mereka, sehingga mampu melanjutkan perjalanan menuju lokasi pengisian berikutnya.

Komentar