alexametrics

Dijuluki si Hamster, Motor Penjelajah Segala Medan Ini Picu Rasa Penasaran

Cesar Uji Tawakal
Dijuluki si Hamster, Motor Penjelajah Segala Medan Ini Picu Rasa Penasaran
ATV Hamster. (visordown.com)

Cara belok motor ini gimana, ya?

Suara.com - Berbekal mesin motor matik 150cc, motor bernama Hamyak adalah kendaraan segala medan (ATV) yang dirancang khusus untuk menerjang medan yang paling berat.

Motor segala medan dengan trek tunggal ini dirancang oleh Eduard Luzyanin, pertama kali dirakit pada tahun 2020 untuk kontes ATV.

Nama Hamyak diambil karena pemilik motor ini menganggap kendaraan satu roda tersebut punya kemiripan penampilan dengan Hamster.

Kendaraan skala kecil ini berukuran kira-kira sama dengan sepeda anak-anak, dan memiliki satu roda rantai seperti layaknya mobil salju.

Baca Juga: Komitmen Masa Depan, Ini Daftar 10 Mobil Listrik Toyota di IIMS Hybrid 2021

Dilansir dari Visordown (18/4/2021), sang pemilik menjelaskan bahwa motor ini mudah dibelokkan saat dikendarai di tempat dengan pemukaan lembek seperti salju, namun sulit berganti arah saat ditunggangi di jalan rata seperti aspal.

ATV Hamster. (visordown.com)
ATV Hamster. (visordown.com)

Pengemudinya  cuma tinggal menjepit motor ini dan memiringkan badannya jika hendak masuk tikungan berlumpur.

Dengan berat 85 kg, Hamyak dirancang untuk muat di bagasi belakang mobil van atau jip untuk petualangan asyik yang tidak bisa dicapai oleh kendaraan roda 4.

Kecepatan tertinggi dari motor ini diklaim mencapai 43 km/jam, namun adanya tiga rol penyerap guncangan yang terasa kurang membuat Hamyak nyaman dibawa di kecepatan 20 km/jam saja.

Pada kecepatan tersebut, konsumsi bahan bakarnya berkisar satu liter per jam, dengan tangki 10 liter dan tabung 5 liter di bagian belakang.  Selain itu ada juga ruang di bagasi depan dan belakang untuk tempat perlengkapan.

Baca Juga: Razia 'Sahur On The Road', Polda Metro Jaya Ciduk Puluhan Motor Bodong

Komentar