alexametrics

Tips Mudah Cari Mobil yang Irit BBM, Tidak Banyak "Minum"

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tips Mudah Cari Mobil yang Irit BBM, Tidak Banyak "Minum"
Aktivitas pengisian BBM di SPBU Pertamina. Sebagai ilustrasi mobil hemat BBM [Dokumentasi Pertamina]

Simak berbagai parameter berikut yang memiliki kontribusi dengan pemakaian bahan bakar.

Suara.com - Dalam memilih mobil tentu saja terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Salah satu paling penting ialah konsumsi bahan bakar. Bila irit, tentu saja membuat calon pembeli lega atau tidak cemas, karena si kendaraan tidak boros "minum" alias menenggak Bahan Bakar Minyak atau BBM.

Untuk memilih mobil yang irit BBM ternyata tidak sulit. Mengutip mobil88, ada beberapa hal yang bisa menjadi parameter apakah mobil boros minum atau tidak.

Berikut adalah acuan dalam mencari kendaraan roda empat yang irit pemakaian BBM:

Ilustrasi mesin mobil. [Tim Mossholder/Unsplash]
Ilustrasi mesin mobil. [Unsplash/Tim Mossholder]

Perhatikan Kapasitas Mesin

Baca Juga: Jason Statham Bintangi Wrath of Man, Idenya dari Film Cash Truck

  • Indikator paling mudah yang bisa dilihat untuk menentukan mobil irit atau doyan minum BBM adalah kapasitas mesinnya. Biasanya mobil bensin kapasitas kubikasi atau cc di bawah 2.000cc, dan mobil diesel dengan cc di bawah 2.500cc memiliki konsumsi BBM yang irit.
  • Apalagi jika mobil sudah dilengkapi fitur terkini seperti teknologi katup variabel, turbocharger, dan seterusnya.
  • Memang, tidak selalu mobil dengan kapasitas mesin di atas 2.500cc memiliki konsumsi BBM boros, namun perlu diketahui pula dengan kapasitas mesin besar, tenaga mobil yang dihasilkan juga semakin besar. Dengan tenaga mobil yang semakin besar, tentu konsumsi bahan bakar akan sedikit lebih banyak dibandingkan kondisi rata-rata kapasitas mesin di bawahnya.

Perhatikan Dimensi Mobil

  • Tidak hanya kapasitas mesin saja yang menjadi tolok ukur konsumsi BBM, dimensi dan bobot mobilpun menjadi salah satu yang berpengaruh.
  • Semakin berat bobot dan luasan dimensi mobilnya, semakin banyak besar tenaga mesin dibutuhkan untuk menggerakkannya.
  • Jika mencari mobil yang irit BBM, carilah mobil berdimensi pas dan bobot ringan, karena daya mesin bekerja tentu lebih ringan dibandingkan mobil berkapasitas sama namun memiliki ukuran dan bobot lebih besar.

Perhatikan Penggerak dan Transmisi Mobil

  • Hal lain yang sangat mempengaruhi konsumsi BBM mobil ialah penggerak dan transmisi mobil itu sendiri. Ada empat jenis penggerak yaitu FWD (Penggerak Roda Depan), RWD (Penggerak Roda Belakang), 4WD (Penggerak 4 Roda) dan AWD (Penggerak 4 Roda Permanen).
  • Untuk masalah kehematan bahan bakar juaranya adalah FWD, karena bobot cenderung ringan serta power loss minim membuatnya irit bahan bakar.
  • Sedangkan paling tidak hemat bahan bakar ialah mobil dengan penggerak AWD, 4 roda digerakkan mesin secara permanen dan bobot cenderung lebih berat membuat daya mesin harus extra dalam menjalankan mobil, ini tentu saja akan berpengaruh terhadap konsumsi BBM lebih boros.
  • Tidak hanya penggerak saja, transmisi mobil juga memegang peranan penting. Mobil dengan transmisi manual cenderung lebih irit dibandingkan transmisi otomatis atau matik. Hal ini dikarenakan putaran mesin atau rpm cenderung lebih rendah dibandingkan mobil bertransmisi matik dan bobot penggerak lebih ringan.

Komentar