alexametrics

Genre Otomotif, "F9" Menjadi Film Terbesar Hollywood Masa Pandemi Covid-19

RR Ukirsari Manggalani
Genre Otomotif, "F9" Menjadi Film Terbesar Hollywood Masa Pandemi Covid-19
Poster Film Fast and Furious 9 [Universal Pictures]

Perolehan tembus 500 juta dolar Amerika Serikat, inilah aksi seru franchise "Fast and Furious" yang merajai box office.

Suara.com - Film dengan genre otomotif, "F9"  atau judul lengkapnya "Fast and Furious 9: The Fast Saga" sukses meroket sebagai film terbesar Hollywood dengan penjualan tiket global di atas 500 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Dikutip kantor berita Antara dari Variety pada Selasa (6/7/2021), "F9" adalah satu-satunya film made-in USA, industri perfilman Hollywood, yang melewati angka 500 juta dolar sejak 2019. Daftarnya adalah:

  • Fast and Furious 9: The Fast Saga, di atas 500 juta dolar AS
  • Hi, Mom, 822 juta dolar AS
  • Detective Chinatown 3, 686 juta dolar AS
  • Godzilla vs. Kong, 446 juta dolar AS.

Sejak tayang di Amerika Utara, mulai Amerika Serikat sampai Kanada pada 25 Juni 2020, penjualan tiket domestik untuk "Fast and Furious 9: The Fast Saga" mencapai 123 juta dolar. Atau pencapaian box office terbaik kedua sejak awal Covid-19.

Sport car properti Man In Black di halaman St Paul's Cathedral, London [Nicholas Ingram].
Suara.com menonton shooting "Hobbs and Shaw" di halaman St Paul's Cathedral, London [Nicholas Ingram & CNR Ukirsari].

Film thriller Paramount Pictures   yang dibuka seminggu sebelum "F9" tengah memegang gelar untuk film terlaris tahun ini di Amerika Serikat dengan pendapatan 145 juta dolar. Namun "F9" memecahkan rekor untuk debut box office, yang mampu mengumpulkan 70 juta dolar AS untuk penampilan perdananya di layar lebar.

Baca Juga: Antisipasi Gelombang Corona, Alih Fungsi Kendaraan sampai Modifikasi Semua Ada

Di box office internasional, "F9" telah meraup 374 juta dolar AS dari 50 pasar luar negeri. Pasar terbesarnya:

  • China, 203 juta dolar Asia
  • Korea Selatan, 19,3 juta dolar AS
  • Rusia, 18 juta dolar AS
  • Meksiko, 10,9 juta dolar AS.

Terlepas dari kekuatan box office-nya, "F9" diperkirakan akan kalah dari pendahulunya karena pembatasan era Covid-19. Seperti salah satu franchisenya, "Hobbs & Shaw" (2019) yang menghasilkan 173 juta dolar AS di Amerika Serikat dan 759 juta dolar AS secara global.

Sementara film-film terbaru dalam seri inti Fast and Furious seperti "The Fate of the Furious" (2017) dan "Furious 7" (2015) adalah hit komersial besar-besaran dengan laba kotor masing-masing mencapai 1,2 miliar dolar di seluruh dunia dan 1,5 miliar secara global.

Disutradarai oleh veteran waralaba Justin Lin dan dibintangi oleh Vin Diesel, Michelle Rodriguez dan John Cena, "Fast and Furious 9: The Fast Saga" menampilkan mantan pembalap jalanan Dominic Toretto yang kekinian hidup damai bersama keluarganya.

Ketenangan mereka dengan cepat berbalik ketika dia dipaksa mengumpulkan kembali krunya untuk menghentikan seorang pembunuh yang ingin menghancurkan dunia. Dia tak lain adalah abang Dominic sendiri.

Baca Juga: Modifikasi Toyota Corolla Bikin Tercengang, Moncongnya Kok Gini?

Selain Vin Diesel sebagai pemeran utama, penampilan keren Dame Helen Mirren, Charlize Theron, Tyrese Gibson dan Ludacris pantang dilewatkan.

Aksi modifikasi dan full-throttle juga dijamin ciamik, termasuk melibatkan kendaraan tempur, kendaraan taktis, sampai alat angkut udara.

Komentar