alexametrics

Gara-gara Logo di Lingkar Kemudi, Mazda Recall 260.000 Unit Mazda3

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Gara-gara Logo di Lingkar Kemudi, Mazda Recall 260.000 Unit Mazda3
Airbag mengembang. Sebagai ilustrasi (Shutterstock)

Soal logo jangan dianggap sepele, di luar unsur estetika, safety mesti dikedepankan terlebih dahulu.

Suara.com - Mazda menarik kembali atau melakukan recall atas 260.915 unit Mazda3 yang dijual antara 2004 dan 2007. Tujuannya demi memperbaiki masalah logo di bagian lingkar kemudi.

Menurut sebuah dokumen yang diterbitkan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), masalah ini pertama kali ditemukan dalam insiden 2015 dari luar Amerika Serikat.

Kasusnya, wajah seorang penumpang terluka gara-gara serpihan dari pecahan logo Mazda ketika airbag mengembang saat terjadi kecelakaan.

Investigasi yang dilakukan pemasok suku cadang Mazda menetapkan bahwa proses hidrolisis dipastikan terjadi pada logo yang rusak, terbuat dari polyurethane. Hal ini bisa mempercepat kerusakan logo dan membuatnya lebih mudah pecah.

Baca Juga: Porsche Recall Taycan Model 2020 dan 2021 Akibat Mesin Bisa Mendadak Mati

Logo merek mobil Mazda (Shutterstock).
Logo merek mobil Mazda (Shutterstock).

Pemasok membuat perubahan komposisi kimia logo pada 2006, sehingga kendaraan yang diproduksi setelah itu (model 2007) tidak termasuk dalam penarikan.

Melansir Carscoops, Mazda berpendapat bahwa tingkat cedera yang ditimbulkan tidak parah. Namun dalam sebuah kecelakaan yang terjadi pada 2019, mata seorang pemilik mobil terluka oleh serpihan logo yang pecah.

Tahun ini, Mazda menerima insiden kesepuluh secara global dan menjadi khawatir bila kejadian serupa lambat laun akan menyebabkan cedera yang lebih parah.

Untuk itu, pemilik Mazda3 dari model 2004 hingga 2007 akan segera mendapat surat pemberitahuan pada 28 Agustus. Mazda akan melakukan penggantian logo di lingkar kemudi secara gratis.

Baca Juga: Belum Lama Meluncur, Aprilia Recall 700 Unit RS 660 dan Tuono 660

Komentar