alexametrics

Porsche Recall Taycan Model 2020 dan 2021 Akibat Mesin Bisa Mendadak Mati

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Porsche Recall Taycan Model 2020 dan 2021 Akibat Mesin Bisa Mendadak Mati
Ilustrasi logo Porsche (Shutterstock)

Selain recall untuk produk di tangan konsumen, penggantian langsung dilakukan atas mobil yang masih berada di pabrik.

Suara.com - Porsche mengumumkan akan melakukan penarikan kembali atau recall atas model Porsche Taycan akibat mesin mobil mati secara mendadak.

Perusahaan asal Jerman ini menjelaskan bahwa masalah perangkat lunak atau software dalam kasus tertentu tidak mampu mendeteksi informasi yang dibutuhkan. Kondisi ini memicu mobil kehilangan daya.

Untuk mengatasi masalah itu, Porsche telah melakukan pembaruan software terkait sektor elektronik daya dan unit kontrol mesin. Perusahaan juga telah melapor kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) bahwa model Porsche Taycan MY20 dan MY21 akan ditarik.

"Pembaruan sekarang sudah tersedia, telah diterapkan dalam produksi, dan sejumlah kendaraan pelanggan telah menerima update terbaru," jelas Porsche, sebagaimana dikutip Carscoops.

Baca Juga: Belum Lama Meluncur, Aprilia Recall 700 Unit RS 660 dan Tuono 660

Porsche Taycan (Carscoops)
Porsche Taycan, sebagai ilustrasi (Carscoops)

Porsche juga menjelaskan bila diler akan memperbarui kendaraan baru sebelum dikirim kepada pelanggan. Sementara konsumen yang telah menerima produk atau terkena dampak akan diberi tahu untuk segera melakukan perbaikan. Caranya berkunjung ke diler resmi Porsche dan perbaikan berlangsung tanpa dipungut biaya.

Dan soal software yang menyebabkan Porsche Taycan direcall ini, ada kemungkinan dilakukan penarikan secara global.

Mengutip sumber anonim, Porsche sedang mempersiapkan penarikan dan mungkin mengumumkan sejauh mana masalah ini dalam beberapa hari mendatang.

Sementara investigasi NHTSA menunjukkan bahwa Porsche Taycan bisa kehilangan tenaga saat bergerak, dengan kecepatan berapa pun tanpa peringatan apapun kepada pengemudi. Regulator keselamatan jalan raya Amerika Serikat itu menyebutkan ada sekitar 12.146 unit kendaraan yang terdampak.

Baca Juga: Masalah Fuel Pump, Ada 7.671 Unit Toyota C-HR Mengalami Recall

Komentar