alexametrics

Cover Jok Mobil Punya Peran Terhadap Kebersihan Kabin

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Cover Jok Mobil Punya Peran Terhadap Kebersihan Kabin
Ilustrasi jok mobil "bawaan pabrik" atau versi standar [Shutterstock]

Berikut wacana seputar pemasangan cover pada jok mobil. Ada unsur kesehatan tercakup.

Suara.com - Tak semua mobil baru memiliki jok yang sudah dilapisi pelindung atau cover alias sarung. Hanya ada beberapa model saja yang memiliki jok berlapis pelindung dan biasanya ada pada varian tertinggi dari model suatu produk.

Tapi bukan berarti pemilik mobil tak bisa melapisi joknya dengan cara membeli secara terpisah. Pemilik cukup memilih sarung jok di tempat aksesori mobil terdekat dan minta dipasang.

Mengutip Wuling Indonesia, ada sederet manfaat bila memasang cover jok mobil. Mulai terlihat resik sampai menjaga kebersihan.

Membersihkan jok mobil dilengkapi cover memudahkan pengerjaannya. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/duallogic]
Membersihkan jok mobil dilengkapi cover memudahkan pengerjaannya. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/duallogic]

Berikut manfaat menggunakan cover jok mobil:

Baca Juga: Jaga Kebersihan Mobil Selama PPKM Darurat: Tengok Ruang Mesin, Kolong, dan Kabin

Cegah jok tidak lembap

  • Memasang cover jok mobil dengan pelindung memang memiliki beberapa keuntungan. Misalnya bagi yang memiliki banyak aktivitas dan sering mengeluarkan keringat, penggunaan cover jok sangatlah penting. Bisa mencegah keringat menyerap langsung ke jok mobil.
  • Jika jok mobil memiliki lapisan pelindung berbahan kulit misalnya, bekas keringat yang menempel bisa langsung dibersihkan dengan cara mengelapnya.
  • Kondisi jok mobil yang lembap berpotensi menimbulkan jamur tumbuh. Bakteri pun lebih mudah bersarang dan berkembang. Kesehatan dapat terganggu karenanya.

Jok mobil lebih mudah dibersihkan

  • Tak cuma itu, cover jok juga membuat kita tak perlu khawatir berlebihan saat ada sisa makanan tertinggal. Membersihkannya pun mudah, bisa dengan cara dilap atau jika ingin lebih bersih, dapat menggunakan penyedot debu.
  • Sisa makanan yang berjatuhan di jok apabila tidak dibersihkan lama-lama bakal membuat mobil kotor dan menjadi sarang binatang kecil seperti semut sampai laba-laba. Untuk itu, melapisi jok dengan pelindung dapat membuat mobil terlihat lebih bersih.

Tips estetika pilih jok

  • Bisa dibilang, pemakaian cover jok mobil memiliki banyak manfaat. Jika jok belum dibekali pelindung dan ingin memasangnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
  • Mulai dari bahan hingga warna yang pas dengan mobil agar tak memberikan warna mencolok.