alexametrics

Best 5 Oto: Panggilan Darurat eCall di Uni Eropa, Mobil Listrik Mini Wuling ke Indonesia

RR Ukirsari Manggalani
Best 5 Oto: Panggilan Darurat eCall di Uni Eropa, Mobil Listrik Mini Wuling ke Indonesia
Pentas otomotif tahunan di Milan, EICMA (l'Esposizione Internationale del Ciclo e Motociclo). Tampak model di booth MV Agusta. Sebagai ilustrasi dunia sepeda motor Uni Eropa [AFP/Miguel Medina].

Panggilan darurat atau SOS sepeda motor disiapkan untuk Uni Eropa, ada lelaki mirip Oom Indro Warkop, dan rencana Wuling bingkiskan mobil listrik mini untuk Tanah Air.

Suara.com - Indro Warkop, Harley-Davidson, mirip artis, Yamaha NMax, Wuling, mobil listrik, SOS atau Save Our Souls, panggilan darurat, eCall, sepeda motor, Toyota, stop produksi, assist dan slipper clutch menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com di akhir pekan ini.

Baru-baru ini ada potret viral yang memperlihatkan sosok mirip artis. Yaitu gambar menyerupai Indro Warkop atau lengkapnya Indrojoyo Kusumonegoro alias Oom Indro di masa mudanya. Sang lelaki ini hendak cukur rambut, membawa segepok uang, dan rebahan di jok Yamaha NMax.

Di sinilah letak kejanggalannya. Karena Oom Indro yang asli namanya lekat dengan tunggangan moge Harley-Davidson.

Sementara itu, teknologi dunia sepeda motor tengah marak dengan sistem panggilan darurat. Terdapat peranti seru disebut eCall untuk SOS (Save Our Souls) yang diterapkan buat kendaraan roda dua. Kabarnya akan menjadi peranti wajib di Uni Eropa.

Baca Juga: Masuk 10 Besar Pabrikan Otomotif Indonesia, Wuling Dukung Elektrifikasi

Bila sudah begini, perjalanan bermotor tentu akan makin seru, karena bisa semakin cepat mengontak pihak berwajib atau ambulans bila terjadi kecelakaan lalu lintas. Akan tetapi, persiapan berkendara dan sikap hati-hati dan patokan pada etika serta rambu di jalan raya juga tidak berarti bisa dikurangi.

Masih di segmen roda dua, terdapat bahasan tentang assist dan slipper clutch agar semakin paten saat mengaspal. Lagi-lagi, fitur dibuat agar perjalanan menjadi lebih aman atau menjaga unsur safety.

Sementara itu dari sektor roda empat, Wuling Motors Indonesia menandai tahun keempat berkiprah di dunia industri otomotif Tanah Air. Selain edukasi masyarakat dengan teknologi seru, rencananya akan dipersiapkan pula mobil listrik mini bagi konsumen Indonesia.

Sebagai catatan, di negeri asalnya, China, produk mobil mini Wuling mendulang sukses produk terlaris. Banyak penggemar serta berdesain uniki.

Dan sebagai penutup adalah situasi Toyota Thailand yang tengah menghentikan produksinya. Kondisi pandemi Covid-19 utamanya di kawasan Asia Tenggara membuat pabrik untuk sementara menangguhkan pembuatan mobil-mobil baru.

Baca Juga: Bila Konsumsi BBM All-New Yamaha NMax 155 Connected Boros, Coba Manfaatkan Fitur Ini

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat berakhir pekan, dan jangan lupakan untuk selalu patuhi protokol kesehatan.

1. Wuling Bawa Mobil Listrik Mini ke Indonesia

Mobil listrik Wuling Mini EV. (Foto : YouTube Lukman Avengers)
Mobil listrik Wuling Mini EV. (Foto : YouTube Lukman Avengers)

Wuling Motors Indonesia sepertinya sedang menyiapkan salah satu produk mobil listriknya untuk pasar Indonesia.

Hal ini terungkap melalui bocoran video yang diunggah oleh kanal YouTube Lukman Avengers pada Kamis, 22 Juli 2021.

Baca selengkapnya

2. Akibat Covid-19, Toyota Putuskan Stop Produksi

Logo Toyota. [Cicero7/Pixabay]
Logo Toyota. [Cicero7/Pixabay]

Produsen mobil Jepang, Toyota Motor Corp (TMC) mengumumkan telah menghentikan aktivitas produksi di tiga pabrik mereka di Thailand akibat Covid-19.

Toyota Motors Thailand untuk sementara menangguhkan produksi kendaraan di pabrik mereka di Ban Pho, Samrong, dan Gateway pada Rabu lalu.

Baca selengkapnya

3. Mengintip Cara Kerja Sistem Panggilan Darurat Motor, Bakal Jadi Fitur Wajib di Eropa?

Sistem panggilan darurat motor. (rideapart.com)
Sistem panggilan darurat motor. (rideapart.com)

Fitur sistem panggilan darurat saat ini banyak tersemat di mobil. Bahkan peralatan tersebut sudah wajib ada pada mobil baru  di Uni Eropa.

Dilansir dari Rideapart, peralatan ini layaknya jam tangan pintar yang sudah memiliki fitur fungsi SOS yang memperingatkan layanan darurat tentang potensi insiden.

Baca selengkapnya

4. Viral Pria Mirip Indro Warkop Tiduran di Atas Yamaha NMAX, Bikin Geger Warganet

Pria di atas Yamaha NMAX mirip banget dengan Indro Warkop semasa masih muda (Instagram)
Pria di atas Yamaha NMAX mirip banget dengan Indro Warkop semasa masih muda (Instagram)

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan sosok pria yang tengah tiduran di atas motor. Wajah pria tersebut mirip dengan Indro Warkop.

Video pria yang mirip dengan Indro Warkop ini pun diabadikan oleh akun Instagram @tante_rempong_.

Baca selengkapnya

5. Biar Makin Tahu, Ternyata Ini Fungsi Assist and Slipper Clutch pada Motor

Ilustrasi kopling motor. (Do It Yourself)
Ilustrasi kopling motor. (Do It Yourself)

Beberapa tahun belakangan, motor-motor yang beredar di tanah air mulai dibekali dengan fitur assist dan slipper clutch.

Buat yang belum tahu, fitur ini bakal membuat pengguna motor berkopling makin nyaman saat berkendara walau terjebak kemacetan. Kok bisa?

Baca selengkapnya

Komentar