alexametrics

PPKM Berlanjut, Ini 5 Tips Ringan Merawat Kendaraan di Rumah

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
PPKM Berlanjut, Ini 5 Tips Ringan Merawat Kendaraan di Rumah
Ilustrasi transmisi dan rem parkir mobil [Shutterstock].

Mobil membutuhkan perawatan agar tetap dalam kondisi optimal saat akan digunakan.

Suara.com - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan perpanjangan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang berlaku 3 - 9 Agustus 2021.

Selama masa PPKM, banyak dari kita melakukan pekerjaan dari rumah (WFH) yang membuat pola aktivitas juga berubah.

Perubahan rutinitas harian ini membuat kendaraan, khususnya mobil yang biasa kita gunakan sehari-hari akan terparkir lama di garasi rumah.

Ilustrasi perawatan ban mobil. [Elly Johnson/Unsplash]
Ilustrasi perawatan mobil ternasuk membersihkan ban dan mengecek tekanan ban [Elly Johnson/Unsplash]

Di sisi lain, mobil membutuhkan perawatan agar tetap dalam kondisi optimal saat akan digunakan. Oleh karena itu, Daihatsu bagikan 5 tips agar mobil tetap dalam kondisi prima selama tidak digunakan dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

Baca Juga: Daihatsu Siapkan Rocky Versi Hybrid, Bakal Meluncur Akhir Tahun?

Memanaskan mesin mobil secara teratur

Selama banyak di rumah, mobil paling tidak harus dipanaskan satu kali dalam seminggu kurang lebih 10-20 menit untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Mobil yang tidak dipakai, mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya.

Di lain hal, saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

Menjaga tekanan angin pada ban

Pemilik mobil dapat menambahkan tekanan angin sekitar 5 persen dari tekanan angin normalnya. Sahabat juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju–mundur bersamaan saat memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan dikarenakan flat spot dapat dicegah.

Baca Juga: Daihatsu Indonesia Gelar Sharing Teknologi Otomotif Kepada Guru SMK se-Jawa Timur

Pilih area parkir yang tepat

Bagi yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari secara langsug atau dibawah pohon karena dapat membuat cat mobil pudar dan kusam. Pastikan juga lokasi parkir tersebut juga aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

Perhatikan transmisi dan rem parkir

Demi keamanan, aktifkan Rem Parkir sekalipun parkir sekalipun kendaraan berhenti dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi automatic, pastikan tuas transmisi pada posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

Jaga kebersihan mobil

Terakhir adalah jaga kebersihan mobil dengan mencuci sisi eskterior dan interior secara berkala. Pastikan tidak ada makanan sisa atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang menempel.

Komentar