alexametrics

Efisien ke Bengkel Sepeda Motor Saat PPKM, Lakukan Ini Sebelum Berangkat

RR Ukirsari Manggalani
Efisien ke Bengkel Sepeda Motor Saat PPKM, Lakukan Ini Sebelum Berangkat
Aplikasi Y-Connect, sebagai ilustrasi [PT YIMM].

PPKM berlangsung dan jadwal kunjungan sepeda motor ke bengkel tiba? Jangan khawatir, lakukan persiapan berikut.

Suara.com - Tujuan dari masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 diperpanjang adaalh mengurangi mobilitas masyarakat. Dengan demikian risiko penularan COVID-19 bisa diperkecil. Nah, di saat sama, jadwal periksa rutin sepeda motor kesayangan tiba. Mesti diantar ke bengkel resmi yang biasa menanganinya.

Bagi pengguna produk Yamaha Indonesia usah khawatir. Tersedia layanan SKY atau Service Kunjung Yamaha. Artinya, teknisi yang akan datang ke lokasi konsumen.

Akan tetapi, bila mesti berkunjung ke bengkel resmi, berikut adalah tips pengecekan sepeda motor sebelum menghubungi diler Yamaha Indonesia.

Dua aplikasi layanan Yamaha bagi konsumennya. Terbaru adalah My Yamaha Motor [YouTube: Yamaha Indonesia].
Dua aplikasi layanan Yamaha bagi konsumennya., termasuk My Yamaha Motor [YouTube: Yamaha Indonesia].

"Dalam kondisi PPKM, aktivitas berlangsung terbatas sehingga sepeda motor sebagai alat transportasi jarang digunakan. Agar kondisinya tetap terjaga baik, ini cara pemeriksaan motor yang bisa dilakukan konsumen sebelum meminta bantuan teknisi dari jaringan resmi Yamaha," jelas Johannes BMS, Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY) berbagi tips penanganan persiapan menghubungi layanan SKY atau kunjungan ke bengkel resmi Yamaha.

Baca Juga: Penjualan Daihatsu Meningkat di Tengah PPKM Level 4

Tips cek kinerja  motor sebelum ke bengkel atau menghubungi teknisi:

1. Cek fungsi main switch atau kunci kontak

  • Periksa kunci kontak apakah dapat berfungsi dengan baik sebagai penyambung atau pemutus arus kelistrikan.

2. Cek fungsi starter

  • Periksa fungsi starter dengan menekan tombol starting, jika motor sulit dinyalakan, atau tidak bisa menyala sama sekali berarti ada masalah.
  • Penyebab sepeda motor sulit distarter adalah kendala kelistrikan, pengapian, bahan bakar dan kompresi.

3. Cek kondisi putaran mesin sepeda motor

  • Jika sepeda motor dapat menyala, panaskan sepeda motor selama lima menit, kemudian cek kondisi putaran mesin apakah normal seperti biasanya atau tidak.
  • Jika putaran mesin dirasa tinggi, rendah, atau tersendat-sendat berarti ada masalah di sistem injeksinya.
  • Biasanya kerusakan dapat terlihat pada indikator kerusakan (indikator warna orange) pada speedometer, indikator akan berkedip atau menyala.

4. Cek lampu penerangan dan sinyal pada kendaraaan

Baca Juga: Mensos Tri Rismaharini ke ITS, Motor Listrik Gesits Siap Dimodifikasi

  • Perhatikan kondisi lampu penerangan, cek fungsi lampu dekat dan jauh. Fungsi sinyal juga penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan fitur keamanan dan keselamatan berkendara seperti lampu sein dan lampu rem harus dalam kondisi yang baik.

Dokumentasikan hasil pemeriksaan ini melalui foto atau video dan sampaikan hasilnya kepada petugas diler resmi yang akan dihubungi. Dengan adanya informasi pemeriksaan sederhana ini sangat membantu teknisi dalam penyelesaian problem lebih cepat, tepat, dan akurat.

Gunakan aplikasi My Yamaha Motor, masuk pada menu informasi diler. Lalu hubungi diler resmi Yamaha terdekat untuk mendapatkan layanan SKY di mana teknisi bisa datang ke tempat tinggal konsumen atau lokasi yang ditentukan untuk melakukan pengecekan.

Komentar