alexametrics

Cara Aman Merawat Sunroof Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Cara Aman Merawat Sunroof Mobil Tanpa Harus ke Bengkel
Ilustrasi sunroof [Shutterstock]

Bisa dilakukan sendiri, perawatan sunroof mobil perlu dilakukan secara cermat.

Suara.com - Sunroof mobil sebenarnya memiliki umur pakai yang panjang. Tapi jika tidak dirawat, bisa muncul masalah. Dan umumnya, biaya perbaikan jika terjadi kerusakan relatif mahal.

Karena itu, langkah membersihkan sunroof bisa coba dilakukan di rumah. Tidak terlalu rumit, namun mesti rutin dan cermat.

Dikutip dari laman Deltalube, untuk melakukan perawatan sunroof, mobil perlu dicuci terlebih dahulu dan dikeringkan. Tujuannya untuk menyingkirkan kotoran, pasir atau debu yang menempel di eksterior mobil.

Fitur Sunroof Tata Harrier XT+ (Indianautosblog)
Fitur Sunroof Tata Harrier XT+ . Sebagai ilustrasi sunroof apik terawat (Indianautosblog)

Setelah itu, silakan simak langkah berikut ini. Tips merawat sunroof mobil di rumah:

Baca Juga: Perlu Kewaspadaan Tinggi, Ini Tips Berkendara Malam Hari

  • Gunakan lap microfiber untuk mengeringkan body mobil selesai dicuci, juga menjaga ada sisa air yang masuk ketika kaca sunroof dibuka.
  • Agar mekanisme buka-tutup kaca sunroof tetap lancar, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan seluruh area sunroof hingga ke sela-sela rel.
  • Periksa adakah karat di bagian rel sunroof. Karena karat pada rel sunroof bisa membuat pergerakan mekanisme buka-tutup kaca jadi seret atau tidak mulus.
  • Menjaga agar mekanisme rel tetap terlumasi, oleskan gemuk lumas atau cairan penetran secara berkala.
  • Jangan memarkir mobil di bawah terik matahari terlampau lama atau sering, karena pelumas rel bisa mengering.
  • Cermati pula area jalur pembuangan air di sekitar sunroof. Jika ada kotoran di area itu, segera bersihkan hingga tuntas. Karena jika dibiarkan, berpotensi menyumbat saluran air dan menimbulkan karat pada pelat bodi hingga menimbulkan kebocoran.
  • Karena menggunakan material kaca, sunroof juga berpotensi kusam akibat getah pohon, kotoran burung atau serangga. Selain itu, sama seperti kaca mobil yang lain, kaca sunroof juga bisa dihinggapi water spot atau air yang mengering dan meninggalkan sisa kotoran.
  • Hindari menggunakan sabun seperti pembersih piring, pakaian atau lantai untuk membersihkan kaca sunroof. Sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih kaca. Terutama untuk mengatasi noda membandel.
  • Setelah itu, segera keringkan dengan lap microfiber. Jangan biarkan kaca basah dalam waktu lama, karena bisa memicu munculnya water spot baru. Hal ini juga bisa diterapkan setiap sehabis terkena hujan.

Komentar