alexametrics

IAA Mobility 2021: Huawei AR-HUD Muncul Perdana, Ubah Tampilan Kaca Depan Mobil Jadi FPV

RR Ukirsari Manggalani
IAA Mobility 2021: Huawei AR-HUD Muncul Perdana, Ubah Tampilan Kaca Depan Mobil Jadi FPV
Huawei AR-HUD dengan sudut pandang FPV (First Person View) [Huawei via Antara]

Huawei AR-HUD debut di IAA Mobility 2021, ini keseruan menyaksikan windshield berubah fungsi.

Suara.com - Augmented Reality Head-Up Display (AR-HUD), yaitu teknologi canggih yang menawarkan pengalaman baru mengendarai mobil ditawarkan Huawei dalam gelaran International Motor Show Germany atau IAA Mobility 2021.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Huawei, solusi teknologi ini mengubah kaca depan menjadi tampilan First-Person View (FPV) yang mengintegrasikan teknologi canggih berisi informasi fungsi keselamatan sekaligus fungsi hiburan.

"Huawei AR-HUD menggunakan mesin tampilan optik inovatif dan teknologi optik spasial yang melampaui keterbatasan media serta menciptakan pengalaman baru untuk berkendara secara aman," papar President of Huawei General Optical Applications Product Line, Kevin Huang, pada Jumat (10/9/2021).

 Stan perusahaan ZF Software untuk mobilitas otonom di International Motor Show  atau IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman selatan. Resmi dibuka 7 September, untuk perayaan semua hal yang berhubungan dengan mobil, iklim dan situasi pandemi [AFP/Christof Stache].
Stan perusahaan ZF Software untuk mobilitas otonom di International Motor Show atau IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman selatan. Resmi dibuka 7 September, untuk perayaan semua hal yang berhubungan dengan mobil, iklim dan situasi pandemi. Sebagai ilustrasi gelaran IAA Mobility 2021 [AFP/Christof Stache].

Huawei AR-HUD dipaparkan sebagai fitur yang mudah beradaptasi dengan berbagai situasi dan fungsi. Mulai menampilkan informasi dasbor, menyediakan navigasi AR, mendukung mengemudi dengan bantuan yang aman, mengoptimalkan petunjuk untuk kondisi penglihatan malam, kabut atau hujan, sampai menyediakan konten hiburan.

Baca Juga: IAA Mobility 2021: BMW Pamerkan Mobil Konsep yang Bisa Didaur Ulang

"Di masa mendatang, AR-HUD akan berevolusi ke bingkai yang lebih besar, definisi yang lebih tinggi, dan 3D mata telanjang untuk membangun visi super yang belum pernah dicapai sebelumnya," lanjut Kevin Huang.

Teknologi HUD pertama kali digunakan pada jet tempur untuk meningkatkan keselamatan penerbangan, kemudian diterapkan di industri otomotif.

AR-HUD inovatif yang diluncurkan Huawei menyediakan ruang pandang atau field of view (FOV) 13° x 5°, yang berarti bahwa gambar virtual 70 inci ditampilkan 7,5 m di depan pengemudi.

Huawei AR-HUD berbentuk kompak (hanya 10 L) dan memiliki FOV yang besar. Rasio FOV-to-volume yang tinggi memungkinkannya beradaptasi dengan beberapa model kendaraan.

Huawei AR-HUD memungkinkan lebih dari 100 tampilan full-HD PPD dan memberikan gambar yang cerah, kontras tinggi, dan tidak terdistorsi sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman video dan audio seru.

Baca Juga: Bicara di IAA Mobility 2021, Pat Gelsinger Sebut Intel Investasikan Rp 1,3 Kuadriliun

Saat kendaraan diparkir, penumpang depan atau pengemudi dapat menikmati sajian dengan fitur video HD, panggilan video, dan game.

Selain itu, dengan menggabungkan tempat menarik atau points of interest (POI) di peta real-scene, AR-HUD menampilkan informasi tentang tempat parkir, restoran, pusat perbelanjaan, bioskop, dan pompa bensin secara real time.

"Huawei akan terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan teknologi optik untuk menawarkan berbagai produk dalam kendaraan dan bidang lainnya, memberdayakan banyak industri dengan kemampuan optik kami," demikian pungkas Kevin Huang.

Komentar