alexametrics

Dari Panggung IAA Mobility 2021: Mulai BMW i Vision Circular Sampai Huawei AR-HUD

RR Ukirsari Manggalani
Dari Panggung IAA Mobility 2021: Mulai BMW i Vision Circular Sampai Huawei AR-HUD
Banner "IAA Mobility" di depan balai kota Munich di Marienplatz selama pameran International Motor Show atau IAA Moility 2021 Jerman selatan [AFP/Tobias Schwarz].

Berlangsung di Munich, inilah pameran otomotif Jerman dengan berbagai produk seru futuristik.

Suara.com - Pameran otomotif Internasional Jerman atau Internationalen Automobil Ausstellung (IAA) yang kini resmi mengubah nama menjadi IAA Mobility, dan tahun ini menggelar IAA Mobility 2021 di Kota Munich.

Berakhir Minggu kemarin (12/9/2021), acara yang digelar kurun sepekan ini menghadirkan berbagai temuan atau karya futuristik menyambut era masa depan. Terbanyak adalah mobil listrik atau Electric Vehicle (EV), serta temuan mobilitas terkait teknologi yang siap diterapkan tak lama lagi.

Produk mobil baru antara lain adalah BMW i4 M50 yang menjadi racikan pertama BMW M untuk mobil listrik atau EV, juga kehadiran Volkswagen ID.5 GTX. Sebuah seri kelanjutan dari Volkswagen ID.3 dan Volkswagen ID.4.

Ada pula mobil masa depan BMW i Vision Circular, dan taksi robo otonom. Sekali lagi, penggunaan bahan bakar ramah lingkungan diterapkan pada produk-produk ini.

Baca Juga: Pengamat Otomotif: Tidak Semua Pabrikan Mobil Siap Beralih ke Kendaraan Listrik

Selain itu, dari perusahaan teknologi seperti Huawei, hadir produk AR-HUD yang menjadikan bagian kaca depan atau windscreen menjadi lokasi pemberi informasi dalam bentuk First Person View (FPV)

Dan tak ketinggalan dibahas soal kesulitan global tentang chip semikonduktor sebagai dampak virus Corona di sektor otomotif.

Berikut adalah daftar beberapa bintang IAA Mobility 2021 yang telah tayang di kanal otomotif Suara.com. Selamat membaca.

1. IAA Mobility 2021: Huawei AR-HUD Muncul Perdana, Ubah Tampilan Kaca Depan Mobil Jadi FPV

Huawei AR-HUD dengan sudut pandang FPV (First Person View) [Huawei via Antara]
Huawei AR-HUD dengan sudut pandang FPV (First Person View) [Huawei via Antara]

Augmented Reality Head-Up Display (AR-HUD), yaitu teknologi canggih yang menawarkan pengalaman baru mengendarai mobil ditawarkan Huawei dalam gelaran International Motor Show Germany atau IAA Mobility 2021.

Baca Juga: Kolaborasi Program Ayah Angkat, Yayasan Astra Perkuat Rantai Pasok Otomotif

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Huawei, solusi teknologi ini mengubah kaca depan menjadi tampilan First-Person View (FPV) yang mengintegrasikan teknologi canggih berisi informasi fungsi keselamatan sekaligus fungsi hiburan.

Baca selengkapnya

2. IAA Mobility 2021: BMW Pamerkan Mobil Konsep yang Bisa Didaur Ulang

Stan perusahaan ZF Software untuk mobilitas otonom di International Motor Show  atau IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman selatan. Resmi dibuka 7 September, untuk perayaan semua hal yang berhubungan dengan mobil, iklim dan situasi pandemi. Sebagai ilustrasi suasana gelaran [AFP/Christof Stache].
Stan perusahaan ZF Software untuk mobilitas otonom di International Motor Show atau IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman selatan. Resmi dibuka 7 September, untuk perayaan semua hal yang berhubungan dengan mobil, iklim dan situasi pandemi. Sebagai ilustrasi suasana gelaran [AFP/Christof Stache].

Dalam pergelaran pentas otomotif dan mobilitas International Motor Show atau IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman, BMW memboyong sederet produk seru untuk dipentaskan. Antara lain BMW i Vision Circular. Yaitu konsep mobil listrik baru yang lebih ramah lingkungan.

Model konsep yang dinamakan BMW i Vision Circular ini dibangun dari bahan hasil daur ulang. Sehingga limbahnya sendiri kelak juga bisa recycle 100 persen.

"Ketika mobil mencapai akhir masa pakainya, sepenuhnya bisa didaur ulang untuk kembali diproduksi," ungkap carmaker tuan rumah Jerman, dikutip dari Daily Mail.

Baca selengkapnya

3. Bicara di IAA Mobility 2021, Pat Gelsinger Sebut Intel Investasikan Rp1,3 Kuadriliun

Pat Gelsinger, CEO Intel [AFP/John Macdougall]
Pat Gelsinger, CEO Intel [AFP/John Macdougall]

Dalam pameran otomotif dan mobilitas IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman, chip semikonduktor menjadi salah satu topik seru. Pasalnya, kondisi kekurangan pasokan komponen ini telah menghentikan lini produksi mobil.

Di antaranya Ford dan General Motors yang membatasi produksi karena kelangkaan chip. Kemudian Toyota akan memangkas produksi 40 persen di seluruh dunia pada September. Renault Samsung menangguhkan produksi, senada Nissan dan masih banyak carmaker lain.

Baca selengkapnya

4. IAA Mobility 2021: BMW i Vision Circular Berbahan Daur Ulang, BMW i4 M50 Sarat Performa

BMW i Vision Circular di gelaran IAA Mobility 2021 [BMW via ANTARA].
BMW i Vision Circular di gelaran IAA Mobility 2021 [BMW via ANTARA].

Dalam pameran otomotif dan teknologi mobilitas IAA Mobility 2021 yang berlangsung di Munich, Jerman, BMW Group menyuguhkan beberapa karya sarat teknologi. Seperti BMW i Vision Circular yang mengandalkan material daur ulang. Serta BMW i4 M50 racikan BMW M GmbH.

Perlu digarisbawahi, divisi produksi satu ini lekat dengan produk full throttle alias modifikasi performa. Akan tetapi, produk bersumber daya listrik pun bisa digubah dengan elok, dalam koridor ramah lingkungan. Bahkan menjadi produk BMW M pertama yang bebas emisi.

Baca selengkapnya

5. IAA Mobility 2021: BMW Group Tunjukkan Komitmen Kurangi Emisi CO2 Kendaraan

BMW iX XDrive 50 [BMW]
BMW iX XDrive 50 [BMW]

BMW Group memposisikan Circular Economy dan mobilitas perkotaan yang berkelanjutan sebagai tema besar dalam ajang IAA Mobility 2021.

Dalam pameran otomotif dan mobilitas yang berlangsung di Munich, Jerman ini, BMW Group menghadirkan Neue Klasse dan memperkuat targetnya.

Baca selengkapnya

6. Menjelang IAA Mobility 2021 di Jerman, Hyundai Luncurkan Taksi Robo Otonom

Ruang kemudi Hyundai IONIQ Q5 yang futuristik. Diluncurkan pada Selasa (23/2/2021) di Seoul, Korsel. [Dok Hyundai Motor Company]
Ruang kemudi Hyundai IONIQ Q5 yang futuristik. Diluncurkan pada Selasa (23/2/2021) di Seoul, Korsel. [Dok Hyundai Motor Company]

Menjelang pameran otomotif 2021 International Motor Show  Germany atau  IAA Mobility 2021 di Munich, Hyundai Motor Group meluncurkan taksi robo otonom atau swakemudi. Digunakan sebagai basis adalah Hyundai IONIQ 5.

Dikutip kantor berita Antara dari kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Hyundai Motor Group and Motion, perusahaan patungan Hyundai-Aptiv, bersama-sama mengembangkan taksi robo IONIQ 5 dengan sistem penggerak otonom Level 4.

Baca selengkapnya

7. Volkswagen ID.5 GTX Siap Naik Panggung IAA Mobility 2021

Volkswagen ID.5 GTX menggunakan platform MEB untuk mobil listrik [Volkswagen Newsroom].
Volkswagen ID.5 GTX menggunakan platform MEB untuk mobil listrik [Volkswagen Newsroom].

International Motor Show Germany atau Munich Motor Show 2021 serta IAA Mobility 2021 yang berlangsung 7-12 September akan menjadi panggung Volkswagen dalam menampilkan mobil listrik terbarunya. Yaitu Volkswagen ID.5 GTX.

Dikutip dari laman resmi Volkswagen, mobil listrik Volkswagen ID.5 GTX akan muncul dalam semangat "atletis" yang seru.

Baca selengkapnya

Komentar