alexametrics

Kolaborasi dengan Google, Mulai 2022 Honda Gunakan Android Automotive OS

RR Ukirsari Manggalani
Kolaborasi dengan Google, Mulai 2022 Honda Gunakan Android Automotive OS
Google Assistant [Android Authority].

Default fitur infotainment mobil Honda akan mencakup Assistant Google Map.

Suara.com - Google terus melaju menjadi perusahaan teknologi informasi yang produknya dijadikan sistem operasi default produsen otomotif. Salah satu penggunanya adalah Honda Motor Company.

Dikutip dari The Verge, perusahaan asal Jepang itu tengah menyiapkan produk untuk disematkan Android Automotive OS dari Google. Sehingga default fitur infotainment mobil Honda akan mencakup Assistant Google Map yang diaktifkan via suara, serta serangkaian aplikasi Android terpilih.

Sementara itu, dari kantor berita Antara disebutkan bahwa produk Honda di mana peranti Android disematkan akan diluncurkan pada 2022. Namun tidak disebutkan model mana yang akan mendapatkan sistem infotainment baru tadi.

Begini tampang purwarupa produk berenergi listrik karya Honda di TMS 2019 [Dok Honda].
Honda :e di Tokyo Motor Show 2019. Sebagai ilustrasi produk Honda terelektrifikasi [Dok Honda].

"Kami sangat bahagia bisa menawarkan nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh dunia. Caranya menggabungkan kekuatan Honda di sektor teknologi canggih dalam pengembangan mobil dan kekuatan Google di bidang teknologi informasi inovatif," kata Satoshi Takami, Chief Officer in charge of MaaS Operations, Honda Motor Co., Ltd,  yang dikutip dari laman resminya, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Honda Prologue EV Siap Melantai di Amerika Serikat pada 2024

Dalam kolaborasi ini, Honda ingin membuat UX-nya lebih mudah digunakan dengan memperkenalkan asisten suara Google, navigasi, dan aplikasi di dalam kendaraan ke sistem infotainment.

Google Assistant di kendaraan Honda memungkinkan penumpang mengoperasikan menggunakan voice command. Hal ini menunjukkan pengemudi bisa mendapatkan informasi petunjuk arah, mengontrol media, dan menyelesaikan penggunaan smartphone tanpa mengalihkan pandangan dari jalan.

Setiap kendaraan Honda akan memiliki aplikasi peta yang solid, dan akan dirancang bisa bekerja lancar bersama Asisten Google. Lantas Google Play juga memberi akses ke serangkaian aplikasi dalam mobil yang memungkinkan pengguna mendengarkan musik, memutar podcast, dan banyak lagi tanpa harus menggunakan smartphone dalam mobil.

Honda mengatakan akan memulai dengan meluncurkan layanan ini dalam model baru yang akan datang di Amerika Utara pada paruh kedua tahun 2022 dan akan memperluas layanan secara global secara bertahap.

Baca Juga: PLN Berikan Diskon Tarif dan Tambah Daya Bagi Pemilik Home Charging Mobil Listrik

Komentar